Ratusan Demonstran Blokir Kapal kargo Israel

Ratusan demonstran pro-Palestina berkumpul di Pelabuhan Oakland, di California, pada hari Ahad kemarin (20/6) dengan tujuan berharap dapat menunda sebuah kapal kargo Israel merapat dan melakukan aktivitas bongkar muat di dermaga, surat kabar San Francisco Chronicle melaporkan.

Polisi memperkirakan lebih dari 500 demonstran berkumpul pada Ahad pagi kemarin di Berth 58, di mana sebuah kapal kargo yang dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Israel Zim dijadwalkan akan merapat di dermaga.

Kerumunan orang mulai berkurang pada pukul 10 pagi, namun sekitar 200 demonstran kembali pada sore hari ketika kapal kedua dijadwalkan akan kembali merapat.

Demonstrasi itu diadakan untuk memprotes blokade Israel terhadap Jalur Gaza.

"Tujuan kami adalah untuk memboikot kapal ini selama 24 jam, dan kami berhasil melakukan itu," kata Richard Becker, dengan the ANSWERCoalition, salah satu kelompok yang mengorganisir demonstrasi.

Menurut Becker, kedatangan kapal tertunda dari pagi sampai akhirnya tiba sekitar pukul 18:00, dengan kesepakatan kapal boleh merapat namun dilarang untuk membongkar muatan kapal, dengan alasan keamanan.

Seorang wakil dari Konsulat Israel di San Francisco, mengatakan kapal selalu tiba pukul 6 sore untuk melakukan aktivitas bongkar muat.

Dan pada sore hari, dua pendukung Israel tiba dan melambai-lambaikan bendera Israel dan Amerika di seberang jalan dari demonstran yang pro-Palestina. (fq/hrtz)