Rezim Al-Assad Terus Melakukan Pembunuhan Terhadap Rakyatnya

Diberitakan setidaknya tiga orang telah tewas di Qatana, kota di pinggiran ibukota Damaskus, setelah pasukan keamanan Suriah menggunakan senjata api untuk membubarkan ratusan demonstran anti-pemerintah, ujar seorang aktivis.

Menurut laporan Zeina wartawan Al Jazeera yang melaporkan dari negara Libanon, ada juga laporan lima demonstran yang ditembak mati di Deal, sebuah kota yang terletak 10 km dari selatan Deraa, dan satu di Zabadani, sebuah kota tidak jauh dari perbatasan Lebanon.

Penembakan terjadi terhadap demonstrasi setelah shalat Jum’at, yang mereka juluki "hari untuk Penjaga Tanah Air" oleh para pendukung pro-demokrasi. Mereka terus melakukan perlawanan terhadap rezim yang berkuasa, dan gerakan yang mereka lakukan itu sudah berlangsung selama 10 minggu.

Aksi itu usai setelah mereka melakukan doa bersama, para demonstran dilaporkan mengambil tempat di Idlib, di barat laut negara itu, di Deir al-Zur di utara timur, dan di Qamishli, Amouda dan Ain Ras al di daerah Kurdi di utara Suriah.

Seorang saksi mata mengatakan kepada Aljazeera, serangan pagi hari di Deal bahwa polisi rahasia menembaki kerumunan massa yang berjumlah sekitar 3.000 rakyat setempat yang kembali ke kota dari pawai damai yang melewati tentara di pinggiran.

Wartawan Aljazeera mengatakan banyak orang yang berteriak, "Orang-orang dan tentara adalah satu tangan".

Mereka berbaris damai, sampai polisi rahasia menembaki kerumunan, dan sejumlah pasukan tank memasuki kota, katanya. Wartawan Aljazeera, Khodr, mengatakan jumlah korban lebih rendah dibandingkan dengan protes Jumat sebelumnya, "Tanda pemerintah Suriah adalah menyadari bahwa ia tidak dapat menghentikan protes dengan mengandalkan hanya opsi keamanan" tanpa dialog.

Khodr mengatakan aktivis pro-demokrasi memandang protes terbaru sebagai sebuah keberhasilan, karena orang turun ke jalan di kota-kota seperti Homs dan Baniyas, meskipun mereka menghadapi pengepungan militer.

Namun demonstran tidak mencapai tujuan mereka untuk "mendapatkan tentara beralih kepada oposisi" dan berhenti menembaki demonstran, katanya.

Kekerasan terus terjadi di tengah tindakan keras militer yang brutal terhadap mereka yang melakukan aksi protes, yang telah melanda negara Suriah selama berminggu-minggu, dan membuat rezim Al-Assad terguncang. Lebih dari 1.000 orang diyakini telah tewas dalam aksi penumpasan sampai saat ini.

Tindakan keras keras telah memicu kemarahan internasional dan Amerika Serikat dan sanksi Eropa, termasuk Uni Eropa membekukan aset dan larangan visa Assad dan sembilan anggota rezimnya. Amnesty International, kelompok hak asasi manusia, telah menuduh pasukan keamanan Suriah sengaja membunuh ratusan demonstran di kota Deraa.

G8 shock atas kematian

Kelompok pemimpin G8 yang menghadiri KTT di Perancis pada hari Jumat mengatakan mereka "terkejut" atas pembunuhan terhadap pengunjuk rasa damai di Suriah, dan sedang mempertimbangkan "langkah lebih lanjut" terhadap negara itu.

"Kami terkejut oleh banyaknya kematian para pemrotes akibat dari penggunaan kekerasan di Suriah dan juga oleh pelanggaran berulang-ulang dan serius hak asasi manusia," kata para pemimpin dalam komunike pada hari Jumat. (mh/ajz)