Saudi Kembangkan Waktu Standar Mekkah Gantikan Greenwich

Arab Saudi memulai proyek besar untuk mengganti waktu Greenwich Time menjadi jam Mekkah yang menjadi kota suci lebih dari satu milyar umat Muslim di dunia.

Kerajaan Saudi saat ini sedang berusaha melaksanakan tujuan tersebut melalui pengembangan jam khusus yang ditempatkan di atas menara yang terbesar di dunia di samping Masjidil Haram Mekkah yang bertujuan menjadikan waktu kota suci sebagai standar global waktu bagi umat Islam dunia dalam menghadapi Greenwich Time.

Muhammad Al-arkubi, Wakil Presiden dan General Manager Hotel yang terdapat menara Jam Mekkah yang menghadap ke arah Haram al-Sharif, menyatakan bahwa hotel yang terdapat menara jam tersebut akan dibuka pada akhir Juni dan resmi dirilis pada akhir Juli, sebelum bulan suci Ramadhan tiba.

Dia mengatakan dalam jumpa pers di Dubai bahwa waktu pengembangan waktu standar jam Mekkah akan menandingi waktu versi GMT (Greenwich Time).

Menurut Al-arkubi panjang struktur beton menara utama jam Mekk ahsetinggi 662 meter dan panjang struktur baja di atasnya seluas 155 meter, sehingga menara jam ini akan menjadi menara jam tertinggi di dunia.

Menara jam Mekkah juga akan berisi sebuah museum Islam dan observatorium astronomi yang dapat digunakan untuk tujuan ilmiah dan religius, juga akan menampilkan film-film dokumenter.

Panjang jam setinggi 45 meter dan lebarnya 43 meter, menurut Al-arkubi jam Mekkah ini akan menjadi jam terbesar di dunia enam kali lebih besar dari jam Big Ben di London.

Sebelumnya, hasil dari sebuah studi baru yang berjudul "Bukti Mekkah sebagai pusat bumi", waktu seharusnya mengadopsi dari "Mekkah" bukannya waktu dari "Greenwich."

Studi tersebut disusun oleh Dewan dunia untuk Dakwah Islam dan Kemanusiaan di Mesir, menyatakan bahwa adanya kebutuhan untuk menggunakan garis bujur Mekkah dan Madinah, dalam perhitungan waktu universal, bukan garis yang melewati Greenwich di London.

Direktur Jenderal Dewan, Dr Yehia Menteri: Penelitian ini didasarkan pada fakta dan penelitian ilmiah yang menegaskan bahwa mediasi Mekkah merupakan bagian daratan permukaan bumi.(fq/imo)