Senat Menyetujui 'Islam Day' di Hawai

Senat Hawai menetapkan 24 September 2009 sebagai "Hari Islam", keputusan itu ditetapkan setelah melakukan voting di mana 23 anggota senat setuju dan hanya tiga anggota senat yang tidak setuju.

Penetapan " Hari Islam" atau "Islam Day" ini memicu pro dan kotra di Hawai. Sejumlah anggota Senat yang tidak setuju adanya "Islam Day" beralasan bahwa Islam dan Muslim identik dengan ektrimis.

Dua anggota senat dari Partai Republik bahkan mengatakan bahwa semua agama sepatutnya tidak melupakan serangan teroris 11 September 2001 yang menewaskan ribuan orang. Namun mayoritas anggota Senat dari Partai Demokrat mengatakan bahwa dunia Islam sudah memberikan kontribusi yang positif dan itu harus dihargai.

Saat berlangsungnya voting, lebih dari 100 warga Kristiani juga berkumpul di depan gedung Senat dan menyatakan menolak adanya "Islam Day".

Meski menetapkan 24 September 2009 sebagai "Hari Islam", anggota Senat tidak menjelaskan lebih jauh akan seperti apa perayaan yang akan dilakukan untuk memperingati "Hari Islam" itu.

Hawai adalah negara bagian Amerika yang ke-50, yang terletak di kawasan tropis Samudra Pasifik. Jumlah penduduk Hawaiii sekitar 1.200.000 orang. Sedangkan jumlah warga Muslim di Hawai diperkirakan mencapai 3.000 ribu orang. (ln)