Giliran Pasukan AS di Kunduz Diserang Taliban Jumat Ini

Mujahidin Taliban menyerang sebuah Guest House pasukan Amerika di Afghanistan utara, menewaskan sedikitnya satu orang pasukan asing dan melukai beberapa orang lain, kata seorang pejabat tinggi.

"Gerilyawan Taliban menerobos Guest House militer AS di kota Kunduz pagi ini (Jumat/2/7) dan beberapa orang telah telah terbunuh," kata Muhammad Umar, gubernur provinsi Kunduz, yang dikutip oleh kantor berita Xinhua Jumat pagi ini.

Dia mengatakan seorang Taliban meledakkan dirinya di pintu masuk kompleks dan yang kedua meledakkan diri di dalam bangunan, menewaskan sedikitnya satu tentara pasukan asing.

Kebangsaan dari orang asing tersebut belum diumumkan.

Polisi mengatakan beberapa penjaga di pintu gerbang Guest House tersebut mungkin telah tewas, dan suara tembakan masih terdengar dari dalam kompleks itu.

Sementara itu AFP melaporkan bahwa Guest House tersebut yang diserang pagi ini adalah kantor organisasi bantuan AS di kota Kunduz, ibukota provinsi Kunduz di utara Afghanistan.

Sejumlah besar polisi telah mengepung kompleks Development Alternatives Inc (DAI) di kota itu, lapor wartawan AFP.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan yang berlangsung Jumat pagi ini.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kepada media melalui telepon bahwa enam anggota Taliban telah menyerang sebuah pangkalan AS di kota Kunduz, Jumat pagi, menimbulkan korban dari pasukan pimpinan Amerika. (fq/prtv)