Ikhwan Mesir Kumpulkan Tandatangan Untuk Dukung Elbaradei

Ikhwanul Muslimin, kelompok oposisi terbesar Mesir, meluncurkan website untuk membantu calon presiden potensial, Muhammad ElBaradei, dalam rangka mengumpulkan dukungan untuk kampanye perubahan dan reformasi politik.

Dalam website tersebut telah berpartisipasi kelompok-kelompok oposisi lainnya serta telah mendapat dukungan hampir 3000 orang sejak diluncurkan hari Rabu yang lalu, dan hal ini memberi sinyal kepada pemerintah Mesir bahwa kelompok terlarang Ikhwanul Muslimin memiliki kemampuan untuk mengumpulkan sejumlah besar pendukung.

‘Issam el-Irian mengatakan yang merupakan anggota Dewan Syuro Ikhwan mengatakan kepada Reuters: "kampanye Ikhwan, adalah sebuah kampanye untuk mengumpulkan tanda tangan untuk mendukung ElBaradei. Elbaradei sendiri telah memulai kampanyenya sejak bulan Maret lalu. Namun adanya kemajuan yang sangat lambat dalam dua bulan terakhir makanya kami memberikan dukungan."

Para pengamat mengatakan tindakan keras tidak dapat mengakibatkan perubahan konstitusional secara langsung, tetapi bisa menarik perhatian internasional dalam sistem politik Mesir. Pemerintah Mesir mengkalim bahwa sistem saat ini yang ada, bebas dan adil.

ElBaradei yang merupakan mantan Direktur Jenderal IAEA Badan Energi Atom Internasional mengatakan bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan pada tahun 2011 jika adanya perubahan konstitusi. Transformasi undang-undang yang ada hampir tidak memberi kesempatan calon independen untuk maju.

ElBaradei (68 tahun) sejak kembali ke Mesir pada bulan Februari lalu, telah melakukan kampanye untuk mengumpulkan tanda tangan dan ia telah berhasil mendapat dukungan sebanyak 72.000 tanda tangan.

Pengumpulan tanda tangan tersebut untuk tujuh tuntutan, dua di antaranya adalah seruan untuk mengamandemen konstitusi agar memungkinkan calon independen maju untuk menjadi calon presiden Mesir dan penghapusan hukum darurat militer. Para kritikus mengatakan bahwa pemerintah menggunakan hukum darurat dan konstitusi yang ada saat ini untuk menekan kelompok-kelompok oposisi.

Ikhwanul bulan lalu mengatakan bahwa mereka akan berusaha mengumpulkan satu juta tanda tangan untuk mendukung El-Baradei.(fq/reu)