Iklan Bus Di Seattle : "Kejahatan Perang Israel: Beginilah Pajak Dollar Anda Digunakan"

Selusin bus di Seattle dilaporkan membuat kehebohan. Bus-bus ini menerakan poster yang menggambarkan anak Palestina yang tengah menatap bangunan rumahnya yang sedang dibongkar. Di atasnya sebuah tulisan besar menarik perhatian: ‘Israeli War Crimes: Your tax dollars at work.’ ("Kejahatan Perang Israel: Beginilah Pajak Dollar Anda Digunakan")

Bus-bus ini dilaporkan akan mulai beroperasi dengan iklan ini pada 27 Desember, dan digunakan sebagai penanda tahun kedua sejak operasi Cast Lead di Gaza.

Menurut laporan KING5 TV Seattle, sebuah kelompok yang menamakan dirinya Seattle Mideast Awareness Campaign telah membayar lebih dari $ 1.794 untuk iklan di dua belas bus itu dan beredar di wilayah pusat kota.

Menurut laporan itu, bus Seattle memang menerima iklan selama iklan-iklan itu tidak porno, tidak memublikasikan alkohol dan rokok, atau menghasut kerusuhan dan membahayakan keamanan publik.

"Sebagai pemerintah, kami sadar ketentuan dalam konstitusi negara bagian dan federal untuk melindungi kebebasan berbicara," kata juru bicara King County Metro Transit, Linda Thielke kepada KING5 News. "Jadi kami tidak bisa menolak iklan ini hanya karena mereka menyinggung perasaan beberapa orang." (sa/haaretz)