Pria Somalia Berumur 112 Tahun, Menikah Lagi Dengan Seorang Gadis

Seorang pria yang mengaku berumur 112 tahun telah menikahi seorang gadis berumur 17 tahun pada sebuah upacara pernikahan di pusat kota Somalia, pernikahan ini secara total merupakan pernikahannya yang keenam, namun merupakan pernikahan yang pertama dalam tiga perempat abad umurnya, katanya.

"Istri saya sepuluh kali lebih muda daripada saya, tapi kami saling mencintai satu sama lain begitu banyak dan saya percaya bahwa saya bisa memberinya jenis cinta yang tidak setiap pemuda dapat memberikannya," kata Ahmed Mohamed Dhore kepada AFP.

"Hidup dalam pernikahan adalah terkait tentang cinta dan gairah daripada sekedar usia dan kecantikan," kata penghulu pernikahan laki-laki tua tersebut, yang upacara pernikahannya sendiri berlangsung di kota Guriel dan dihadiri oleh ratusan orang pada minggu lalu.

"Pertama kali saya menikah sudah lama sekali saya tidak dapat mengingatnya dan kira-kira terakhir kali saya menikah sekitar 75 tahun yang lalu, saya masih muda pada waktu itu," katanya.

Dhore beranjak dewasa ketika pemimpin nasionalis Somalia yang bergelar "Mad Mullah," Mohammed Abdullah Hassan, yang berjuang melawan kerajaan Inggris dan menciptakan negara Darwis meninggal pada tahun 1920.

Ia mengatakan rahasia untuk berumur panjang hingga dapat menjalani tiga masa yang berbeda adalah "memakan makanan yang sehat ketika ia masih muda".

"Aku berumur 112 tahun dan dapat menjalani kehidupan seperti seorang anak muda … Sedangkan Ide untuk menikah lagi datang dari anak-anak dan cucu-cucu," katanya sembari menjelaskan bahwa satu-satunya istrinya yang lain yang masih hidup berumur 90 tahun dan dalam kondisi sakit-sakitan.(fq/aby)