Tiga Juta Gelas ZamZam Per Hari Saat Ramadan

Direktur Distribusi Air Zamzam di Masjid Haram, Makkah, Aifan Al-Juaid mengungkapkan, konsumsi air Zamzam di Masjid Haram pada bulan Ramadan mencapai tiga juta gelas per hari.

"Jumlah itu setara dengan lebih dari 1.800 meter kubik air Zamzam yang dikonsumsi di dalam masjid saja, sedangan di luar masjid mencapai 270 meter kubik setiap harinya selama memasuki bulan Ramadan," kata Juaid.

Para jamaah Masjid Haram bisa menikmati air Zamzam sepuasnya di 90 titik tempat penyediaan air Zamzam di dalam masjid, dengan jumlah keran air mencapai 1.100 buah. Di luar masjid terdapt 40 lokasi penyediaan air Zamzam dengan jumlah keran sebanyak 100 buah.

Menurut Al-Juaid, pihaknya sedang membangun lokasi tempat minum air Zamzam yang baru di basement, di lantai 1 dan lantai 2 masjid, serta di sisi luar utara halaman Masjid Haram sesuai keinginan almarhum Raja Faisal yang ingin meningkatkan sistem penyaluran air Zamzam bagi para jamaah, utamanya jamaah haji dan pada saat Ramadan.

Selain di Masjid Haram, Makkah, air Zamzam juga disediakan di Masjid Nabawi, Madinah. Di masjid ini, konsumsi air Zamzam mencapai 274 meter kubik per harinya. (ln/arabnews)