Toko Mainan Spanyol Boikot Produk Mainan dari Israel

Rummikub, sebuah permainan gabungan dari permainan remi, catur, mahjong dan domino yang asli dari Israel dan cukup terkenal di negara-negara barat, telah menjadi korban terbaru dari tren untuk memboikot barang dan produk Israel di seluruh dunia.

Setelah pasukan komando Angkatan Laut Israel melakukan serangan brutal terhadap armada kebebasan, sebuah jaringan toko mainan di Spanyol memutuskan untuk menghapus produk maian Israel tersebut dari rak produk mereka dan menggantikannya dengan barang-barang imitasi asal Cina, ungkap sebuah laporan surat kabar Spanyol al-Pais.

"Kami membawa dan menjual permainan itu sampai sekarang karena sangat menarik dari perspektif pedagogis," kata Quim Sicilia, salah seorang manajer senior dari jaringan toko Abacus, kepada koran Spanyol.

"Namun kami harus melihat apa yang sedang terjadi, dan kami harus peka terhadap situasi sosial."

Permainan ini dipasarkan oleh perusahaan Israel yang bernama Kodkod, diciptakan oleh Efraim Hertzano, dan telah mndapat banyak penggemar di seluruh dunia.  Dan pada tahun lalu, Kejuaraan Dunia Rummikub digelar di Spanyol.

Menurut Sicilia, keputusan untuk menghapus permainan asal Israel itu dibuat secara independen oleh manajemen jaringan toko, dan bukan sebagai akibat dari tekanan dari kelompok-kelompok pro-Palestina.

Namun, setelah publikasi artikel di surat kabar al-Pais, jaringan toko Abacus mengeluarkan klarifikasi mengatakan bahwa laporan yang dilaporkan di surat kabar itu keluar dari konteks dan menyatakan bahwa tidak ada boikot produk Israel.

Seorang pejabat senior Abacus menjelaskan kepada harian Yedioth Ahronoth bahwa produk Israel akan terus muncul dalam katalog perusahaan mereka, dan dijual terutama untuk sekolah-sekolah. (fq/ynet)