Tornado Kembali Hancurkan Amerika Serikat, Tewaskan Puluhan Orang

Sebuah tornado besar menghanjar wilayah Missouri barat daya pada hari Minggu (22/5), meratakan beberapa blok rumah dan bangunan bisnis, menghancurkan mobil-mobil dan menyebabkan sejumlah orang tewas.

Setidaknya 24 orang tewas pada saat tornado menghantam Joplin, Missouri, dan setidaknya satu orang tewas terkena tornado di Minneapolis pada hari Minggu (22/5), AFP melaporkan.

Badai tornado yang melanda Joplin menyisahkan tumpukan batu bata dan kayu di mana rumah-rumah dan sekolah pernah berdiri di sana. Mobil hancur dan saling menimpa di atas satu sama lain. Sebuah helikopter hancur di depan sebuah rumah sakit yang rusak. Kehancuran akibat tornado ini mengingatkan pada bencana tornado Tuscaloosa, Ala, bulan lalu, ketika badai tornado menewaskan lebih dari 300 orang di seluruh wilayah Selatan AS.

Gubernur Missouri Jay Nixon telah menyatakan keadaan darurat untuk wilayah mereka.

Sekitar 22 orang dilaporkan terluka di Minneapolis, di mana lebih dari 20 rumah telah hancur, laporan tersebut menambahkan.

Rincian pasti terkait tentang jumlah korban jiwa dan luka-luka masih sulit untuk didapatkan bahkan untuk pejabat manajemen keadaan darurat, karena tornado telah merusak saluran telepon dan beberapa menara ponsel, kata Greg Hickman, direktur asisten manajemen darurat di Newton County.

Badai tornado tersebut menyebar ke Joplin sekitar 60 mil jauhnya, kata Larry Woods, asisten direktur Springfield-Greene County dari Kantor Manajemen Darurat.(fq/ap)