TV Libya Siarkan Rekaman yang Perlihatkan Khamis Gaddafi Masih Hidup

Televisi Libya pada hari Selasa ini (29/3) menampilkan rekaman yang menunjukkan Khamis putra pemimpin Libya Muammar Gaddafi, menyapa pendukungnya di rumah ayahnya di Tripoli.

Penyiar TV mengatakan bahwa cuplikan rekaman tersebut membantah laporan di media Arab dan di Internet yang menyatakan Khamis telah tewas oleh tindakan ‘kamikaze’ pilot pesawat tempur Libya yang menabrakkan diri di pintu kompleks Azizia di Tripoli.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa rekaman dalam televisi Libya menunjukkan seorang pria mengenakan seragam militer berdiri di sebuah truk pickup terbuka yang sambil berjalan dan dijaga ketat di dalam kompleks pintu Aziziyah. Pria berseragam militer tersebut melambaikan tangan ke pendukungnya dan pengawalnya berusaha untuk mencegah beberapa orang dari mendekati truk.

Televisi Libya menegaskan bahwa pria berseragam militer itu adalah Khamis Gaddafi pemimpin komandan Brigade Khamis yang dianggap oleh banyak analis merupakan unit terlatih terbaik dari tentara Libya.

Sebelumnya media telah melaporkan bahwa Khamis Gaddafi menjadi korban tewas dari operasi yang dilakukan oleh pilot Libya sendiri. Menurut surat kabar The Sun, Khamis tewas di rumah sakit, sementara itu Hillary Clinton pada tanggal 23 Maret lalu menyatakan bahwa ia telah menerima informasi yang tidak menyebutkan sumbernya, yang menyatakan bahwa putra Gaddafi telah dibunuh oleh sebuah serangan udara yang dilakukan pasukan koalisi internasional.(fq/islamtoday)