Universitas Ain Syams Mesir Buka Program Jurusan Studi Bahasa Indonesia

Satu lagi terobosan yang dilakukan pemerintah Indonesia di Mesir. Pihak Rektorat Univirsitas Ain Syams, Kairo-Mesir, sudah menandatangani kerjasama pembukaan program jurusan studi Bahasa Indonesia dengan Rektorat Universitas Gajah Mada.-Indonesia.

"MoU kerjasama pembukaan program studi Bahasa Indonesia ini sudah ditandantangai oleh rektor kedua universitas. Insya Allah pelaksanaannya akan dimulai tahun 2010 nanti", ujar Atase Pendidikan KBRI Mesir, Prof. Dr. Sangidu As-Shafa, M.Hum., di sela-sela acara seminar di Univirsitas Suezz Canal, Ismailiyah-Mesir (22/12).

"Ke depan, para dosen yang mengajar di jurusan ini akan didatangkan dari Indonesia. Mahasiswa yang belajar di jurusan ini juga akan diberikan kesempatan belajar di Indonesia selama dua semester" lanjut pak Sangidu.

Menurut keterangan Pak Atdik, hingga saat ini sudah terbina kerjasama antar beberapa universitas di Mesir dan Indonesia. Kerjasma yang sudah berjalan antara lain antara Universitas Al-Azhar dengan Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah, Universitas Zagazig dengan Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Almenia dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Thanta dengan UGM dan UNJ, Universitas Suez Canal dengan UGM dan Institut Sutudi Islam Darussalam (ISID) Gontor. Kerjasama ini meliputi empat kegiatan akademik yaitu Arabic Country, Sandwich Program, Join Research, dan Doublee Degree.

Kerjasama juga diwujudkan dengan melaksanakan seminar bersama, seperti acara seminar yang diadakan di seperti diadakan di Universitas Suez Canal, kemarin (22/12). Bapak Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Drs. AM Fakhir dan Atase Pendidikan, Sangidu As-Shafa turut menyampaikan sambutan pembukaan pada acara seminar ini. Tema yang diangkat adalah "Analisa Teks Bahasa Arab" yang diisi oleh Sembilan Guru Besar Universitas Suez Canal dan dihadiri oleh para Mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh S2 dan S3 di Mesir dan sebagian mahasiswa Universitas Suez Canal.(sn/umr)