Viva Palestina Memulai Konvoi Baru ke Gaza Sabtu Depan

Organisasi Viva Palestina mengatakan akan meluncurkan Sabtu mendatang sebuah konvoi baru ke Gaza, sementara itu delegasi Eropa mulai berduyun-duyun ke London untuk berpartisipasi dalam perjalanan yang akan berangkat dari luar parlemen Inggris.

Juru bicara Viva Palestina Zaher Berawi mengatakan delegasi Selandia Baru yang berjumlah enam orang telah tiba di London dengan tiga kendaraan yang mereka bawa yang penuh dengan bahan bantuan kemanusiaan dalam rangka ikut ambil bagian dalam kampanye ini.

Delegasi dari negara-negara persemakmuran seperti Australia dan Malaysia juga diharapkan tiba Kamis pagi depan menggunakan bis dan minibus yang membawa bantuan.

Juru Bicara Viva Palestine mencatat bahwa sekitar 80 aktivis dengan 40 bus akan bergerak dari London menuju Turki dan Suriah dan para aktivis lain dengan kendaraan mereka akan ikut bergabung sebelum akhirnya berlayar di atas kapal laut besar menuju pelabuhan Mesir Al-Arish.

Dalam insiden terpisah, sebuah organisasi anti-Israel Yahudi Eropa berniat untuk berlayar dengan sebuah kapal bantuan untuk mematahkan blokade Israel di Gaza.

Kate Katzenstein-Leiterer, kepala organisasi suara Jerman Yahudi, mengatakan pada hari Rabu lalu bahwa perjalanan itu dikelola oleh orang-orang Yahudi untuk keadilan bagi Palestina, sembari menambahkan bahwa para aktivis Yahudi sudah di kapal, tapi pelabuhan keberangkatan mereka tidak akan diungkap.

Dia mengatakan konferensi pers akan diadakan pada hari kapal akan berangkat, namun tidak mengungkapkan tanggal tepatnya.(fq/pic)