Warga Palestina di Libanon Berkabung Atas Korban Tewas di Hari Nakba

Warga Palestina di Libanon telah mengumumkan hari berkabung bagi mereka yang tewas ketika pasukan Israel melepaskan tembakan ke arah demonstran yang memperingati Hari Nakba yang bersejarah.

Pemakaman akan diadakan pada hari Senin ini (16/5) di kamp-kamp pengungsi Palestina di Libanon selatan, AFP melaporkan pada hari Senin.

Kamp-kamp pengungsi Palestina di Libanon selatan meliputi al-Bass, Burj al-Shemali, Mieh Mieh dan Ain al-Hilweh.

Pasukan Israel dilaporkan menewaskan sedikitnya 10 demonstran dan melukai lebih dari 110 lainnya pada saat terjadi aksi demonstrasi di Libanon selatan pada hari Minggu kemarin.

"Hari ini adalah hari pemogokan umum di kamp-kamp pengungsi untuk berkabung bagi para korban yang dibunuh oleh zionis Israel," kata komandan gerakan Fatah di Libanon, Munir al-Maqdah.

Beberapa pesawat Israel dilaporkan berputar-putar di atas wilayah Libanon selatan di pagi hari Senin ini.

Selain itu, pemimpin gerakan perlawanan Syiah Libanon Hizbullah, Sayyid Hassan Nasrallah, memuji para pengunjuk rasa yang menerjang tembakan Israel pada Hari Nakba bersejarah.

"Anda, terhormat, telah memberikan arti baru bagi Nakba," katanya.

Ribuan warga Palestina menandai peringatan ke-63 Hari Nakba pada hari Minggu kemarin, memprotes pendudukan Israel dari tanah air mereka pada tanggal 15 Mei 1948.

Ratusan ribu warga Palestina terusir dari tanah air mereka menuju ke Tepi Barat dan Jalur Gaza dan negara-negara lain yang ada di dunia sejak pendudukan Israel tahun 1948.(fq/afp)