Film American Sniper Memusuhi Muslim

American-Sniper_20792_posterEramuslim.com– Komite Antidiskriminasi Arab-Amerika (ADC) menyayangkan isi dan pesan dari film American Sniper yang dianggap bisa memicu aksi kekerasan terhadap Muslim di Amerika, Eropa, maupun di belahan lain di seluruh dunia. Film ini disutradarai aktor gaek Holywood Clint Eastwood dan peran utama dilakoni Bradley Cooper.

Kelompok itu menilai film yang telah mencetak rekor box office Amerika itu memuat bahasa-bahasa kebencian yang ditujukan kepada orang Arab dan Muslim. Untuk itu ADC mengirimkan kecaman mereka lewat sebuah surat kepada Eastwood dan Cooper. Dalam surat tersebut ADC menyatakan anggotanya telah mendapat risiko menjadi target dari ‘ancaman kekerasan’ sejak awal pekan lalu–beberapa hari sebelum American Sniper dirilis secara umum.

“Ini adalah pendapat kami bahwa Anda bisa memainkan peran penting untuk membantu kami dalam mengurangi bahaya yang akan kami hadapi,” demikian isi surat yang ditulis pada tanggal 21 Januari 2015 itu.

Film American Sniper berkisah tentang seorang penembak jitu Angkatan Laut AS, Chris Kyle, dalam perang Irak. Film ini masuk ke dalam enam nominasi Oscar. Selain itu, berdasarkan survey di Amerika, film itu bakal menjadi yang terbaik pilihan masyarakat Negara Paman Sam.

Atas dasar itu, Presiden ADC Samer Khalaf menyatakan mereka tidak akan memboikot film tersebut. Alasannya, kata Khalaf, pemboikotan adalah sebuah tindakan yang tidak masuk akal.

“Orang-orang akan melihat film tersebut. Jika kami boikot, itu hanya menyebabkan orang-orang tambah ingin untuk melihatnya,” katanya seperti dikutip Reuters (25/1).

Khalaf mengakui belum ada laporan ada insiden kekerasan yang dilaporkan diterima kelompok Arab-Muslim di AS sejak film itu dirilis. Khalaf mengaku belum dapat respon dari Eastwood maupun dari Cooper terkait permintaan mereka.

Ia berharap Eastwood dan Cooper sama-sama mau menenangkan ketegangan dan mengirim pesan kepada publik bahwa ‘Orang Arab juga Amerika dan Muslim juga Amerika.’ (rz)

——————

Dapatkan App Eramuslim for Android KLIK DISINI.