10 Masjid Terbesar di Dunia (Bag.1)

Masjidil Haram di malam ke 27 - suasana dari atasEramuslim – Selain menjadi pusat ibadah bagi umat Islam, masjid di zaman Rasulullah ﷺ juga dipakai sebagai tempat kegiatan pemerintahan, termasuk diantaranya musyawarah dengan sahabat dalam penentuan strategi perang.

Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan waktu, umat Islam di dunia berlomba membangun masjid-masjid terbesar sebagai simbol keberadaan Muslimin ataupun penyebaran Islam di suatu daerah.

Berikut 3 dari 10 Masjid terbesar di Dunia:

Masjid Jama atau Masjid-i Jahān-Numā

Di urutan ke 10 Masjid terbesar di dunia ada Masjid Jama yang terletak di sisi jalan raya yang sangat ramai di Delhi Tua, yaitu Jalan Chadni Chowk.

Masjid ini didirikan oleh Kaisar Mogul, Syah Jehan, yang juga membangun Taj Mahal. Dan baru selesai dibangun pada tahun 1656 M.

Masjid ini diperkirakan dapat menampung sekitar 25.000 jamaah.

masjid-terbesar-masjid-jama-delhi

masjid-terbesar-masjid-jama-delhi-1

Masjid Agung Sheikh Zayed

Di urutan ke 9 ada Masjid Agung Sheikh Zayed yang terletak di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Masjid ini dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab.

Memiliki luas 22.412 meter persegi atau setara dengan lima lapangan sepak bola, Masjid Agung Sheikh Zayed dapat menampung 40.960 jamaah

masjid-terbesar-masjid-agung-sheikh-zayed-sore-hari

masjid-terbesar-masjid-agung-sheikh-zayed-selasar-luar

Masjid Al-Saleh

Berada di ibukota Sana’a, Masjid Al-Saleh selesai dibangun dan diresmikan pada hari Jum’at 21 November 2008 yang saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Menghabiskan dana sebesar US$60 juta dolar, keseluruhan area Masjid Al-Saleh menempati area seluas 27.300 m2 dengan tinggi sekitar 24 meter, dilengkapi dengan Fakultas Pelajaran Islam dan Ilmu Pengetahuan Qur’an.

masjid-terbesar-masjid-saleh-yaman

masjid-terbesar-masjid-saleh-yaman-bag-dalam