10 Masjid Terbesar di Dunia (Tamat)

masjid-besar-masjid-hassan-ii-1Eramuslim – Terletak di kota Jakarta Pusat, Masjid Istiqlal yang menjadi salah satu ikon kota Jakarta masuk dalam salah satu masjid terbesar di dunia. Di urutan berapa Masjid Istiqlal berada? Berikut 4 Masjid terbesar di dunia:

Masjid Istiqlal

Presiden pertama Republik Indonesia ir. Soekarno meletakan batu pertama pembangunan Masjid istiqlal pada tanggal 24 Agustus tahun 1951. Bukan seorang Muslim yang menjadi arsitek pembanguan Masjid ini, melainkan seorang penganut Kristen Protestan asal Sumatera Utara, Frederich Silaban.

Dari total luas keseluruhan lahan 9,23 hektar tanah, bangunan Masjid Istiqlal hanya menempati 26% lahan dengan daya tamping jamaah mencapai 200 ribu orang.

Selesai di bangun dan dibuka resmi pada tanggal 22 Februari 1978, pembangunan Masjid Istiqlal menelan biasa sebesar 7 miliar rupiah dan 12 juta dolar AS di masa itu.

Masjid Istiqlal sendiri dinobatkan sebagai Masjid terbesar ke 4 di seluruh dunia.

bag-tamat-masjid-istiqlal-depan

bag-tamat-masjid-istiqlal-1

bag-tamat-masjid-istiqlal

bag-tamat-masjid-istiqlal-malam

Masjid Malik Faisal

Terletak di ibukota Pakistan, Islamabad, Masjid Malik Faisal dinobatkan sebagai masjid terbesar ketiga di dunia dengan daya tampung mencapai 300 ribu jamaah. Menyerupai sebuah tenda badui, Masjid Malik Faisal menghabisakan dana pembangunan hingga 120 juta dolar AS.

bag-tamat-masjid-malik-faisal

bag-tamat-masjid-malik-faisal-dalam

bag-tamat-masjid-malik-faisal-tempat-wudhu

bag-tamat-masjid-malik-faisal-malam

Masjid Nabawi

Dibangun langsung oleh Nabi Muhammad ﷺ dan para sahabat, Masjid Nabawi menjadi salah satu dari 3 Masjid suci Umat Islam selain Masjidil Aqsha di Al Quds dan Masjidil Haram di Mekkah al-Mukaromah.

Memiliki daya tampung hingga 600 ribu jamaah, di Musim haji Masjid Nabawi dapat menampung hingga 1 juta jamaah haji dari berbagai penjuru dunia.

Yang special dari Masjid Nabawi adalah, salah satu bagiannya yang terkenal dengan sebutan Raudlah (taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala, seperti hadits Nabi ﷺ dari Abu Hurairah, bahwa Nabi ﷺ bersabda:

“Tempat yang terletak di antara rumahku dengan mimbarku merupakan suatu taman di antara taman-taman surga, sedang mimbarku itu terletak di atas kolamku.” (Riwayat Bukhari)[6].

bag-tamat-masjid-nabawi

bag-tamat-masjid-nabawi-malam

bag-tamat-raudha

Dan Masjid terbesar di dunia nomor satu adalah Masjidil Haram.

Menjadi kiblat umat Islam di seluruh penjuru dunia, Ka’bah yang berada di Masjidil Haram dibangun oleh Nabi Ibrahim Alaihi Salam dan anaknya Nabi Ismail Alahihi Salam. Kapasitas Masjidil Haram dapat menampung 900 ribu jamaah dan di musim haji seperti sekarang ini menjadi 4 juta jamaah.

Menurut hadits shahih, satu kali salat di Masjidil Haram sama dengan 100.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha. Satu kali salat di Masjid Nabawi sama dengan 1.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Adapun satu kali salat di Masjidil Aqsha sama dengan 250 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. (Rtarabic/Ram).

bag-tamat-masjidil-haram

bag-tamat-grand-design-masjidil-haram