Prancis Klaim Menang Perang di Mali

Pada hari Senin, sebuah kelompok yang khianat dan yang telah memisahkan diri dari Ansar Ad Dine dan mujahidin suku  Tuareg mengumumkan bahwa mereka telah mengklaim menguasai kota bagian utara, Kidal.

Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan kepada wartawan pada Senin bahwa Perancis memenangkan pertempuran, tetapi ia menambahkan bahwa itu akan diyakini sepenuhnya agar pasukan Afrika telah mengatasi pemberontak di bagian utara Mali dan kota-kota utama di wilayah itu telah direbut kembali.

“Kemudian warga Afrika dapat mengambil alih tongkat estafet ini dari kami,” kata Hollande. “Mereka adalah orang-orang yang akan mengisi bagian utara Mali, yang mana kita ketahui daerah itu  adalah yang paling sulit karena di situlah para teroris bersembunyi.”

Hampir 8.000 tentara dari Chad Afrika dan ECOWAS diharapkan untuk mengambil alih tongkat estafet dari pasukan Prancis, namun penyebaran pasukan mereka lamban dengan 2.700  tentara yang terdiri dari militer Mali dan Nigeria.

Pasukan Afrika yang diterjunkan akan membutuhkan anggaran sebesar $ 460 juta , dan  Uni Afrika menjanjikan $ 50 juta untuk misi tersebut yang diputuskan pada hari terakhir KTT di Addis Ababa pada hari Senin. (Dz/Alj)