Grand Syekh Al-Azhar: Barat Bertanggung Jawab Atas Kemunculan Organisasi Negara Islam

Grand sheikh azharEramuslim – Grand Syekh Al-Azhar era Husni Mubarak, Dr.Ahmed al-Tayeb, mengatakan bahwa Barat, khususnya Amerika Serikat ikut bertanggung jawab atas munculnya organisasi Negara Islam di kawasan Timur Tengah.

Dalam wawancaranya dengan kantor berita Agence France-Presse (AFP), Dr.Ahmed al-Tayeb mengatakan, “Negara-negara Barat memiliki kepentingan tersendiri dalam perpecahan yang terjadi di umat Islam. Mereka harus ikut ber tanggung jawab atas munculnya Negara Islam.”

Dr.Ahmed al-Tayeb menambahkan, “Munculnya organisasi Negara Islam secara mendadak menimbulkan banyak pertanyaan mendalam tentang penyebabnya. Bangsa Arab percaya bahwa Barat terlibat dalam masalah ini, karena senjata yang berada ditangan organisasi tidak diproduksi di dunia Arab.”

Akan tetapi ketika ditanya mengenai hukuman mati terhadap anggota Ikhwanul Muslimin di Mesir, Dr.Ahmed al-Tayeb menghindar dan mengatakan, “Saat ini Mesir telah melewati semua masalah yang terjadi. Kini kami hidup dinegara yang stabil, dan dipimpim oleh presiden yang dipilih secara demokratis dan sesuai konstitusi.” (Bbcarabic/Ram)