Ikut Perangi Muslim Irak, Rusia Kirim 2 Heli Tempur Untuk Rezim Syiah Baghdad

MI-28Eramuslim – Selasa 28 juni 2016, Angkatan Udara Irak kembali menerima 2 pesawat helikopter tempur MI-28 buatan Rusia dalam rangka membantu pemerintah Baghdad memerangi kelompok Islam Sunni.

“Kedatangan 2 pesawat MI-28 adalah bagian dari pembelian 15 pesawat yang dilakukan pemerintah Irak dengan Rusia pada tahun 2014,” ujar juru bicara resmi Departemen Pertahanan Irak, Naseer Nouri Mohammed.

Naseer Nouri Mohammed melanjutkan, “Sudah ada 13 heli MI-28 yang tiba di Irak hingga pertengahan tahun ini. Kami berharap dapat menerima dan merampungkan sisa kerjasama pembelian ini di akhir tahun 2016.”

Memiliki kemampuan manuver yang tinggi dan presisi dalam memukul target, serta keistimewaannya dalam perburuan di malam hari menjadikan pemerintah Irak terpicut untuk membeli belasan MI-28 sejak 2 tahun lalu.

Perlu diketahui bahwa Irak menjadi pangsa pasar penjualan senjata bagi Rusia dan Amerika Serikat sejak meletusnya konflik di negara tersebut sejak pertengahan tahun 2014 lalu. (Sputnikarabic/Ram)