Inilah 14 Waralaba Indonesia yang Siap Mendunia

Indonesia memang surganya bisnis, bisnis apapun dapat ditemui di negara berpenduduk muslim terbesar di dunia ini. Salah satu alternatif bisnis yang menjanjikan tanpa harus bersusah-susah membuat konsep adalah bisnis waralaba. Bagaimana tidak potensial, omset bisnis waralaba Indonesia pada tahun 2010 ini diproyeksikan mencapai Rp100 trilyun!

Bisnis waralaba bukan hanya bisnis yang potensial dari sisi keuntungan, melainkan juga efektif dalam penyerapan tenaga kerja. Setidaknya, pada 2010, sebanyak 1,2 juta jiwa bekerja pada sektor ini. Belum lagi bicara soal pertumbuhan bisnis tersebut yang dinilai sebagai yang terpesat di Asia, yaitu sekitar 6-7% per tahun. Dengan pertumbuhan tersebut, peningkatan perekonomian di Indonesia akan semakin baik sementara tingkat pengangguran akan semakin menurun.

Menurut Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Indonesia, Amir Karamoy, Indonesia adalah pangsa pasar yang potensial untuk bisnis waralaba, namun sayang, hanya sedikit yang mampu bersaing di pasar internasional.

“Beberapa dari mereka mencoba untuk menembus pasar internasional, namun kebanyakan hanya bertahan paling lama dua tahun,” ujarnya.

Karena itu, digulirkanlah program “Ekspor Waralaba dan Lisensi Indonesia” yang pada pameran Franchise & License Indonesia 2010 lalu diumumkan ke-14 finalis program tersebut yang dinyatakan layak ekspor.
Amir menambahkan, tujuan program tersebut adalah untuk memperkenalkan kekayaan intelektual milik anak bangsa berupa merk, sekaligus memasarkan produk-produk kreatif buatan Indonesia ke pasar dunia.

Berikut ini adalah ke-14 finalis perusahaan waralaba yang siap mendunia dan dinyatakan layak ekspor tersebut.

  1. Kebab Turki Baba Rafi
    Bisnis makanan dengan menu utama kebab
  2. Bakso Malang Kota Cak Eko
    Bisnis restoran dengan menu utama bakso malang
  3. Coffee Toffee
    Bisnis minuman kopi
  4. Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk
    Bisnis restoran dengan menu utama ayam tulang lunak
  5. Aqualis
    Bisnis Laundry
  6. Moz5 Salon Muslimah
    Bisnis salon
  7. Mosaic Element
    Bisnis seni, kerajinan, dan fashion
  8. DMD Saring
    Bisnis minuman teh
  9. Apotek Malaka
    Bisnis apotek /obat-obatan
  10. GwGuyur
    Bisnis salon motor
  11. Quemama
    Bisnis kue dan makanan ringan/snack
  12. Jojo Cup
    Bisnis minuman jus tebu
  13. Tirta Ayu
    Bisnis spa
  14. Macsauto
    Bisnis salon mobil

Perusahaan-perusahaan tersebut telah melalui seleksi ketat selama dua bulan yang dilakukan oleh tim dari Komite Tetap Waralaba & Lisensi Kamar Dagang dan Industri bersama perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI). Selanjutnya, ke-14 perusahaan tersebut akan mendapatkan pembekalan dan pelatihan di Pusat Pendidikan Ekspor Indonesia (PPEI), pendampingan dalam masalah legal, dan difasilitasi agar dapat mengikuti pameran-pameran waralaba di luar negeri. Dalam waktu dekat, misalnya, mereka akan mengikuti pameran franchise di Hongkong pada bulan Desember. Jadi, tertarik untuk berbisnis franchise? (Ind/waralabaku)