Kunci Sukses Idris Sukses: Niat Bulat, Tekad Kuat, Selalu Semangat, Strategi Dahsyat!

Indah Puspita Rukmi – Selasa, 24 Zulhijjah 1431 H / 30 November 2010 10:40 WIB

Siapa bilang sukses itu milik orang-orang tua?! Anak muda juga banyak yang bertitel sukses meski dalam kadarnya masing-masing. Seperti yang dilakoni Idris Said, yang akrab dikenal dengan Idris Sukses. Dengan bisnis penyewaan alat-alat pesta dan event yang digarapnya sejak kuliah, ia mampu meraup puluhan juta bahkan memberangkatkan kedua orang tuanya naik haji hanya dalam kurun waktu 6 tahun membangun bisnisnya.

Dari Ojek Payung, Jualan Donat, hingga Bisnis Tenda

Terlahir dari keluarga Betawi asli di Pondok Pinang, pemuda 26 tahun yang masih melajang ini memang terbiasa menempa jiwa wirausaha sedari kecil. Sejak sekolah menengah, Idris dan kawan-kawan sebayanya rajin memanfaatkan musim. Jika musim hujan tiba, beramai-ramai mereka menjajakan jasa ojek payung. Kalau Lebaran tiba, giliran kue putu dan onde-onde yang dijualnya keliling kampung. Namun, ‘pekerjaan tetapnya’ selain sebagai pelajar adalah loper koran yang tak mengenal musim. Hal itu dilakoni Idris hingga kuliah. Idris dan kelima saudaranya harus berjuang untuk mengecap bangku kuliah. Lulusan FIB UI Program Studi Arab ini pun meneruskan jiwa wirausahanya di kampus dengan berjualan donat, baju koko, jilbab, hingga asesoris lainnya. Di rumah pun, ia persenjatai adik-adiknya untuk berjualan alat tulis dan jajanan anak-anak agar tidak terlalu bergantung kepada orang tua. Kemudian, sejak perkenalannya dengan cucu juragan tenda terbesar di Jakarta, Idris mulai memfokuskan bisnisnya kepada penyewaan alat pesta dan event dengan nama yang berganti-ganti. Setelah lulus kuliah pada 2007, Idris settle dengan nama ‘Idris Sukses’ untuk usahanya.

Budget Terserah Anda!

Uniknya strategi bisnis Idris Sukses adalah jargon ‘budget terserah Anda’ yang ditawarkannya. Strategi ini memang jitu untuk menarik klien. Karena niatnya untuk memudahkan, Idris memang selalu menawarkan jasanya dengan pertanyaan: “Budget-nya berapa?” jika ada yang bertanya berapa range harga alat-alat tenda yang disewakan oleh Idris Sukses. Trik ini sangat efektif menarik pelanggan Idris yang notabene berasal dari kalangan mahasiswa, UI khususnya, dan alumni serta jaringannya. Jargon itu rupanya bukan sekadar kecap, tapi benar-benar dilakoni Idris untuk menarik klien sebanyak-banyaknya. Sampai-sampai, ia berkelakar, “Di mana ada event, di situ ada Idris Sukses”. Tak hanya bisa mendapatkan alat-alat pesta dan event seperti tenda, kursi, sound system, infocus yang sesuai budget, klien juga dapat menggunakan jasa catering, salon dan wedding organizer dari Idris Sukses dengan biaya yang tak pernah terbayangkan. Bahkan, Idris mengaku, ada pula klien yang memesan dengan paket Rp10 ribu, tapi memang ada beberapa konsekuensi, misalnya dari segi perlengkapan dan tenaga katering harus disediakan oleh klien sendiri.

Bisnis untuk Dakwah

Kini, bisnis Idris Sukses sudah berkembang. Meski ada beberapa perlengkapan dan peralatan yang belum lengkap, Idris bersyukur idealismenya membangun bisnis sudah dapat dirasakan realisasinya. Misalnya dari sisi pemberdayaan dan penyerapan tenaga kerja. Karena banyaknya orderan event yang diterimanya hampir setiap hari, weekday dan weekend, Idris banyak mempekerjakan karyawan freelance yang notabene mengurangi jumlah pengangguran di Jakarta. Karyawan tetapnya memang baru sekitar 3-4 orang, tapi Idris yakin usaha yang dijalaninya akan dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja lagi. Dalam hal me-manage karyawan, Idris juga selalu berorientasi kepada dakwah. Seperti yang dituturkan Nasrul, salah seorang karyawan Idris Sukses, bosnya selalu mengingatkan para karyawan untuk menjaga solat 5 waktu dan berjamaah di masjid, juga tilawah di sela-sela kesibukan. Intinya, bergabung dengan Idris Sukses, tak hanya keuntungan duniawi yang didapat tapi juga akhirat.

Prinsip Idris untuk menuju kesuksesan adalah niat bulat, tekad kuat, selalu semangat, dan strategi dahsyat. Idris juga rajin mengikuti berbagai pelatihan kewirausahaan, baik yang gratisan hingga yang harga tiketnya jutaan. Bersyukur dan bersabar juga menjadi kunci kesuksesan Idris dalam bisnisnya. Keberkahan bisnisnya, diakui Idris, juga berkat doa orang tua. Oleh karena itu, sebagai rasa bakti dan terima kasihnya kepada kedua orang tua, Idris memberangkatkan haji kedua orang tuanya pada tahun ini. Tahun 2011, Idris berencana untuk ekspansi bisnis dengan tertib administrasi dan mendaftarkan perusahaannya ke badan hukum meskipun jangkauan wilayah bisnisnya hanya fokus di Jabodetabek. Dari segi permodalan pun, Idris berharap ada bank syariah yang dapat membantu usahanya dengan memberikan suntikan modal investasi dengan cicilan yang ringan dan mudah. Idris Sukses berkantor di daerah Kukusan Kelurahan, Depok. Anda yang sedang mencari alternatif untuk menyewa alat-alat event dapat menghubungi Idris Sukses lewat FB: Idris Sukses atau telp. 021-927 79443 atau 0856 97000 621. (ind)

Info Bisnis Terbaru

blog comments powered by Disqus