Mengoptimalkan Basis- basis Peradaban untuk Kemajuan Indonesia

Berawal dari Lumpur lapindo, sidang Antasari Azhar, Kasus Bank Century, maraknya aksi terorisme di Tanah air, perpecahan, aksi-aksi anarkis, penyalahgunaan teknologi, keterpurukan moral, kisruh Pilkada hingga meletusnya Gunung sinabung baru-baru ini setidaknya menjadi perhatian Publik, membuat Pemerintah harus bekerja ekstra dan menguras banyak pikiran, tenaga , juga biaya yang tidak sedikit akan banyak fenomena di Tanah air tercinta. Dan ini menunjukan betapa banyaknya masalah di negri kita yang butuh akan Solusi konkrit.

Berangkat dari banyaknya fenomena di Tanah air para pelajar yang menuntut ilmu agama di timur tengah khususnya berusaha untuk menjadi solusi bagi permasalahan bangsa Indonesia. Oleh karena itu BK PPI ( Badan Kerja Sama Persatuan Pelajar Indonesia ) Se-Timur Tengah dan Sekitarnya yang saat ini di ketua oleh Ust. Indra warman, Lc. ( Ketua PPI Maroko ). Berinisiatif mengadakan acara tiga tahunan yaitu Konferensi kali ke-7 BK PPI.

Negri seribu benteng Maroko terpilih menjadi tuan rumah Konferensi dan berlangsung selama tiga hari terhitung tanggal 18-21 September 2010 M/09-12 Syawal 1431 H. Dengan mengusung tema “ Mengoptimalkan Basis-basis Peradaban untuk Kemajuan Indonesia “ terselenggara berkat kerja sama dengan KBRI Rabat, Kementrian Kebudayaan Maroko, Institut Pos dan Telekomunikasi Nasional Rabat, BKPPI, PPI Maroko, dan Radio PPI Dunia. Acara ini sendiri di ketua oleh Ust. Firmansyah Waruwu, Lc.

Para delegasi dan tamu undangan konferensi BKPPI.

Berikut daftar nama para Delegasi BKPPI :

  1. KKMI Libya : Ust. Sidiq Nugroho dan Ustzh. Sri Wahyuni
  2. PPMI Mesir : Ust. Widi Raihanda
  3. PPI Tunisia : Ust. Rahmat Faizin Ibn Yusuf, Ust. Syarif Hidayatullah, dan Ust Muhammad Raji Rafsanjani
  4. PPI Turki : Ust Christian Kuswibowo
  5. HPMI Jordania : Ust. Husni Ashari, dan Ust Muhammad Munir
  6. PPMI Arab Saudi : Ust. Nurhadi Sukma Waluyo
  7. PPI Belanda : Ustzh. Natasha Jan Muhammadi Wahab
  8. PPMI Pakistan : ( Berhalangan hadir )

Para delegasi bersama Bpk Dubes RI untuk Maroko Bpk Tosari Widjaja.

Turut mengundang pula sebagai pembicara Konferensi : Bpk Tosari Widjaja ( Bapak Dubes LB BP RI untuk Kerajaan Maroko ), Bpk Junus Effendi ( Dubes RI untuk kerajaan Belanda ) Dra. Khofifah Indar Parawansa ( tokoh Muslimah Indonesia ), Dr. Arif Rahman ( PPI Maroko ), Fahmi Islam Jiwanto, MA ( PPI Maroko ) dan Ilmuan dunia Islam Dr. Abdul as- Salam Ballaji ( Guru besar Univ. Mohammed V Maroko dan salah satu anggota Asosiasi Ilmuan Muslim Internasional ), Dr. Maryam Ait Ahmad ( Guru Besar sejarah triologi agama Univ . ibn Tofail Kenitra Maroko ).

Sampai berita ini di tuliskan acara ini masih berlangsung dan akan di isi dengan berbagai macam dialog interaktif antar pelajar, orasi ilmiah, kajian-kajian lainya, dan pemilihan ketua BK PPI baru masa periode 2010-2013 M. Teriring doa dan harapan, mudah-mudahan acara ini bisa terselenggara dengan lancar dan mendapat redo Allah ta’ala sesuai dengan tema yang di usung pada Konferensi kali ini juga agar kita bisa lebih mengkaji khazanah keislaman, literature, dan menjadi solusi bagi permasalah bangsa yang semakin mengkhawatirkan. Allahumma amin ya Robbal ‘alamin.

(Ali Hanafi, MA dan Guntara Nugraha Adiana Poetra, Lc ; Notulen Panitia penyelenggara konferensi ke-7 BKPPI se-Timur tengah dan sekitarnya )