Menunggu Iringan Kapal dari Eropa, Pelayaran ke Gaza Ditunda Hingga Kamis

Selasa (25/5): Misi Pelayaran “Flotilla to Gaza” yang direncanakan dimulai hari ini, Selasa (25/5), dari Pelabuhan Antalya, ditunda hingga hari Kamis mendatang. Penundaaan disebabkan karena kedatangan kapal-kapal dari Eropa termasuk kapal “Rachel Corrie” milik organisasi Free Gaza Movement terlambat dari jadwal yang sudah diperkirakan. Panitia pelayaran memutuskan untuk menunda pelayaran hingga kapal-kapal dari Eropa tiba karena pelayaran ke Gaza akan tetap dilakukan dengan formasi semua kapal beriringan.

Sementara itu, kapal-kapal IHH Turki sudah berada di Pelabuhan Antalya, sebuah kota pelabuhan tua di Turki yang sangat terkenal dengan keindahannya. Kapal-kapal ini termasuk kapal “Mavi Marmara” yang akan ditumpangi oleh Tim MER-C Indonesia sudah berlayar lebih dahulu ke Antaliya sejak Sabtu (22/5) usai acara Konferensi Pers “Flotilla to Gaza” yang diadakan IHH Turki di Pelabuhan Sarayburnu Istanbul, dengan dilepas oleh ribuan orang.

Tim MER-C beserta peserta pelayaran lainnya menyusul menuju Antalya pada hari Minggu (23/5) dan tiba di Antalya pada hari Senin (24/5) pukul 11 siang waktu setempat setelah menempuh sekitar 12 jam perjalanan via darat dari kota Istanbul.

Seiring semakin dekatnya waktu pelayaran, berita-berita adanya ancaman Israel untuk menghadang dan menggagalkan misi ini juga semakin gencar. Namun “Flotilla to Gaza” ini akan tetap berlayar sesuai rencana dan tidak akan tunduk pada permintaan Israel.

Bahkan menurut informasi dari Tim MER-C di lapangan, sempat tersiar kabar bahwa Israel saat ini sedang menyiapkan kapal-kapal untuk memblokade bantuan ke Gaza. Isarel juga dikabarkan tengah menyiapkan sebuah wilayah di Israel bernama Sderot sebagai tempat untuk memenjarakan peserta pelayaran ini.

Wallahu’alam…

Satu yang pasti, misi pelayaran ini adalah misi yang damai. Tidak ada senjata, tidak untuk berperang. Gerakan ini adalah gerakan kemanusiaan dan kapal-kapal yang akan berlayar hanya memuat barang-barang bantuan yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Gaza.

***

MER-C
Jl. Kramat Lontar No. J-157, Senen, Jakarta Pusat 10440
Telp/Fax : 021-3159235 / 3159256
Call Center : 0811 99 0176
Website : www.mer-c.org