Telah Lahir Situs Berbasis Aktifitas Masjid : www.darussalam-online.com

Redaksi – Senin, 22 Ramadhan 1434 H / 29 Juli 2013 13:01 WIB

darusalam siteMasjid Darussalam terletak di komplek perumahan Kota Wisata, Cibubur, Bogor. Letaknya yang strategis saat ini telah terhuni kurang lebih  4000 kepala keluarga muslim dan masjid Darussalam memiliki jama’ah tetap lebih dari 1.500 orang.

Masjid Darussalam memiliki visi sebagai model pusat kemakmuran masjid menuju kebangkitan Islam yang kaffah. Karenanya,  kegiatan pendidikan, pembangunan ekonomi Islam, dan dakwah merupakan kegiatan utama untuk merealisasikan visi di atas. Adapun  beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Masjid Darussalam Kota Wisata adalah :

  • Pos Sehat Darussalam dan LKC Dompet Dhuafa yang merupakan  bentuk kepedulian terhadap kesehatan para dhuafa sekitar Kota Wisata.
  • Darussalam Mart sebagai salah satu kegiatan bisnis dan ekonomi berbasis Islam, Masjid Darussalam yang saat ini mengelola Kantin Kuliner Darussalam dan Penjualan Sembako untuk warga kota wisata.
  • Muslimah Kota Wisata adalah bagian dari jamaah, saat ini banyak  kegiatan yang sedang dijalankan  oleh muslimah seperti santunan bea siswa anak yatim dan dhuafa serta  kajian muslimah setiap hari.
  • Taman Pendidikan Al Quran dan Lembaga Pendidikan Tahfidz Qur’an pun didirikan. Para pemuda dididik  di lembaga itu dengan tujuan mencetak generasi Qur’ani sehingga kelak dapat memikul beban dakwah menuju kebangkitan Islam yang kaffah.
  • Baitul Maal wa Tamwil Darussalam juga dibangun oleh Jamaah Masjid Darussalam Kota Wisata. Dengannya, dana umat akan dapat terhimpun, dan persoalan kekurangan ekonomi yang dialami oleh sebagian  umat Islam diharapkan dapat terkurangi.

iwanBerbagai kajian keislaman diadakan oleh Masjid Darussalam Kota Wisata. Para nara sumber yang benar-benar ahli di bidangnya dari kalangan ulama ahlus sunnah juga dihadirkan untuk menambah wawasan keilmuan umat Islam, khususnya para jama’ah masjid. Berbagai materi seperti akidah, fikih, tafsir, sirah, hadits, akhlaq, siyasyah syar’iyah, keluarga dan lainnya disampaikan dalam kajian itu. Dengan sederet materi di atas diharapkan seluruh dahaga umat Islam akan kebutuhan terhadap ilmu mudah-mudahan  terpenuhi.

Sadar akan pentingnya peran media dalam merealisasikan visi menuju kebangkitan Islam yang kaffah, serta  Masjid Darussalam Kota Wisata akan menjadikan sebagai MODEL  MASJID  PEMERSATU UMAT. Karena  saat ini kami prihatin dengan adanya pengkotak-kotakan masjid. Untuk itu, Masjid Darussalam  Kota Wisata mengemas seluruh kegiatan di atas, terutama di bidang dakwah,  dalam sebuah media online yang bernama www.darussalam-online.com dan www.darussalam.tv

Situs DARUSSALAM-ONLINE.COM berkosentrasi untuk mempublikasikan seluruh kegiatan di Masjid Darussalam Kota Wisata, utamanya kegiatan dakwah yang berupa kajian-kajian rutin, khutbah Jum’at, dan bedah buku.

A.    MENU SAJIAN SITUS DARUSSALAM-ONLINE.COM

1.     Video Live Streaming / DARUSSALAM TV

Video Live Streaming atau lebih dikenal DARUSSALAM TV merupakan salah satu menu sajian  situs DARUSSALAM-ONLINE.COM. Dengan sajian ini,  seluruh jama’ah masjid Darussalam khususnya, dan umat muslim di mana pun berada, dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dakwah, baik melalui kajian rutin, khutbah Jum’at, ataupun daurah di masjid Darussalam secara live (langsung), tanpa terbatas oleh tempat. Dengan menu ini, diharapkan dakwah masjid Darussalam tersebar luas dan manfaatnya dapat dirasakan oleh mayoritas umat Muslim.

2.     Radio Streaming

Selain video live streaming, radio streaming juga menjadi salah satu menu sajian  situs DARUSSALAM-ONLINE.COM. Hampir serupa dengan video live streaming, radio streaming juga menyiarkan secara live seluruh rangkaian kegiatan dakwah di masjid Darussalam namun dalam bentuk suara. Sajian ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki koneksi internet  kurang cepat.

zahrul3.     Transkrip materi kajian

Seluruh materi yang disampaikan oleh para nara sumber yang benar-benar  ahli di bidangnya pada kajian rutin setiap Sabtu Subuh, Sabtu Sore, Sabtu Malam, Ahad Subuh, Ahad Malam dan kajian khusus Muslimah ditranskrip dalam bentuk tulisan. Dengannya,  jumat Islam, khususnya para jama’ah masjid akan mendapatkan sebuah tulisan yang berisi syarh (penjelasan) lengkap tentang suatu materi yang dibahas. Transkrip ceramah semacam ini jarang kita dapatkan di situs-situs dakwah lainnya.

4.     Video

Video yang disajikan di situs DARUSSALAM-ONLINE.COM merupakan video rekaman ceramah dari seluruh rangkaian kajian rutin yang diadakan oleh Masjid Darussalam. Termasuk rekaman video khutbah Jum’at, bedah buku dan daurah-daurah keIslaman juga disajikan di menu VIDEO.

5.     Audio

Audio merupakan rekaman-rekaman ceramah, khutbah Jum’ah, bedah buku dan daurah-daurah keislaman yang disajikan oleh situs DARUSSALAM-ONLINE.COM dalam bentuk MP3. Dengan disajikannya menu AUDIO, para pengunjung situs dapat menyimak materi dakwah dalam bentuk suara meski dengan koneksi internet yang lambat.

6.     Berita

Berita merupakan informasi seputar kondisi umat Islam baik di luar atau pun di dalam negeri. Menu berita disajikan untuk menambah informasi dan wawasan bagi Umat Muslim. Selain itu, di menu ini para pengunjung situs juga bisa mendapatkan informasi seputar jadwal kegiatan seperti bedah buku, daurah dan lainnya yang akan diadakan oleh masjid Darussalam Kota Wisata.

7.     Galeri

Sajian menu GALERI merupakan salah satu bentuk laporan kegiatan yang diadakan oleh masjid Darussalam Kota Wisata dalam bentuk format gambar/foto

masjidB.     TAMPILAN SITUS YANG MENDUKUNG DI SEMUA GADGET

Situs DARUSSALAM-ONLINE.COM didesain sedemikian rupa sehingga support untuk diakses di semua gadget Anda. Dengan menggunakan template RESPONSIVE, situs akan menyesuaikan tampilannya dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses. Karenanya, situs ini dapat dinikmati di mana pun anda berada selama terhubung dengan internet.

YAYASAN MASJID DARUSSALAM KOTA WISATA

Jl. Boulevard Utama No. 1 Kota Wisata, Gunung Putri,

Bogor – Jawa Barat 16968.  Telp. (021) 8493 2440

Email : darussalam_kotawisata@yahoo.co.id

www.darussalam-online.com

Info Umat Terbaru

blog comments powered by Disqus