Infografik Gaji Pendidik Terbesar di Dunia

OECDEramuslim – Setiap pendidik di dunia tentunya menginginkan gaji yang layak dan di atas standar kehidupan di suatu wilayah, agar mereka dapat berfokus mendidik para calon pemimpin di negara tersebut.

Tidak dipungkiri bahwa dibanyak negara terjadi kesenjangan yang sangat nyata antara gaji guru dengan pekerjaan profesi lain seperti bankir, marketing, ataupun profesi lainnya yang memiliki tingkatan jenjang karir.

Lalu negara manakah yang memiliki perhatian lebih terhadap profesi pendidik yang merupakan tulang punggung kemajuan suatu bangsa? Berikut laporan terbaru yang diterbitkan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) mengenai gaji guru tertinggi di dunia:

Luxembourg (Belgia)

Menjadi kota dengan peringkat pertama gaji pendidik terbesar di dunia, di kota ini guru mendapatkan perhatian dan kesejahteraan yang lebih jika dibandingkan dengan tenaga pendidik manapun di dunia.

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan OECD mendapati bahwa gaji seorang tenaga pendidik baru di negara ini mendapatkan gaji mencapai 73 dolar AS pertahunnya. Sedangkan mereka yang telah berpengalaman akan menerima gaji mencapai 131 ribu dolar per tahun.

Irlandia

Menempati posisi kedua gaji pendidik terbesar di dunia, tenaga pengajar di negara ini hanya mendapat setengah gaji dari para guru di kota Luxembourg, Belgia.

Menurut data yang diperoleh OECD menyatakan gaji guru pemula di negara ini mencapai 30 ribu dolar per tahunnya, dengan gaji guru tertinggi melebihi angka 60 ribu dolar AS.

Korea Selatan

Menempati peringkat ketiga dengan penghasilan guru tertinggi di dunia, para pendidik di negara ini mendapatkan gaji sebesar 22 ribu dolar AS per tahun. Dan mereka yang telah menjadi pendidik selama 10 tahun akan mendapatkan gaji mencapai 32 ribu dolar AS.

Sedangkan mereka yang akan pension menjadi seorang tenaga pendidik akan mendapatkan uang gaji sebesar 32 ribu dolar AS pertahunnya.

Jerman

Berada di peringkat ke empat diseluruh dunia, gaji guru di negara ini dimulai dari 46 ribu dolar AS pertahun dan mereka yang akan pension mendapatkan gaji sebesar 60 ribu dolar AS.

Amerika Serikat

Berada diperingkat kelima, negara ini mulai menggaji guru pemula sebesar 37 ribu dolar AS setahun. Dan ketika memasuki usia pensiun akan dinaikan hingga 60 ribu dolar AS. (Skynewsarabia/Ram)