Daftar Pangkalan Militer dan Kekuatan Asing Dalam Jihad Suriah (Bag.1)

Russian Sukhoi Su-25 fighter jets take off as part of the withdrawal of Russian troops from Syria at Hmeymim airbase, Syria, March 16, 2016. REUTERS/Russian Ministry of Defence/Vadim Grishankin/Handout via Reuters ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. REUTERS IS UNABLE TO INDEPENDENTLY VERIFY THE AUTHENTICITY, CONTENT, LOCATION OR DATE OF THIS IMAGE. FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS. FOR EDITORIAL USE ONLY. NO RESALES. NO ARCHIVE. THE PICTURE IS DISTRIBUTED EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS.

Eramuslim – Terbagi menjadi empat kelompok besar, perang di Suriah kini menjadi ajang pertarungan antara pihak pro rezim Syiah Bashar al-Assad dengan revolusioner yang terbagi menjadi beberapa kelompok seperti mujahidin Suriah, kelompok revolusi pro Barat, dan organisasi Negara Islam.

Dengan dukungan persenjataan canggih dan moderen, sejumlah negara asing bahkan ikut membangun sejumlah pangkalan militer untuk mendukung operasi mereka, baik secara legal atas persetujuan pemerintah rezim seperti Rusia ataupun ilegal seperti milik AS.

Lalu negara asing mana saja yang memiliki pangkalan militer di Suriah? Berikut infografiknya untuk anda;

Rusia: Humaimmam, Tartus dan Hama

Hadir mendukung rezim Syiah Bashar al-Assad sejak 30 September 2015, Rusia menjadikan pangkalan Humaimmam di kota Lattikia sebagai home base puluhan pesawat dan helikopter tempur untuk melancarkan serangan udara ke sejumlah wilayah yang dikuasai kelompok revolusi.

Pesawat kargo militer Antonov, Sukhoi 24, Sukhoi 25, Sukhoi 35S, dan berbagai varian helikopter tempur ditempatkan Rusia di pangkalan ini lengkap dengan sistem pertahanan udara S-300 dan S-400 untuk melindungi dari serangan musuh.

Tidak hanya di Humaimmam, Rusia juga telah memiliki pangkalan laut di Tartus yang telah ada sejak zaman Uni Soviet terdahulu.

Suriah dan Rusia sepakat menandatangani perjanjian kerjasama pangkalan militer Tartus di era Uni Soviet pada tahun 1971. Akan tetapi pangkalan militer Tartus baru mulai digunakan untuk menyediakan layanan logistik bagi armada Uni Soviet di tahun 1977.

Dan pangkalan militer ketiga Rusia berada di kota Hama. Tidak banyak informasi mengenai keberadaan pangkalan militer Rusia di kota ini.

Ingin tahu persenjataan apa saja yang ditempatkan Rusia di Suriah? Baca: https://www.eramuslim.com/berita/infografik-aliteleri-berat-rusia-di-suriah.htm

Syiah Iran: Damaskus dan Aleppo

Menjadi pendukung utama rezim Syiah Assad sejak meletusnya Musim Semi Arab di tahun 2011, Syiah Iran memiliki basis tersendiri di Bandara Internasional Damaskus, yang menjadi markas utama dari Garda Revolusi Syiah Iran.

Bahkan informasi yang diperoleh dari sumber-sumber yang minta dirahasiakan identitasnya mengatakan bahwa Garda Revolusi Syiah Iran memiliki kontrol penuh bandara untuk mengirimkan pasukan dan milisi Syiah ke seluruh medan pertempuran.

Pangkalan militer kedua milik Syiah Iran berada di Gunung Azan dekat dengan kota Aleppo. Di pangkalan ini dihuni oleh milisi Syiah Hizbullah Lebanon serta milisi Syiah lainnya bentukan Iran. (Alarabiya/Ram)