Iran Jadi Alasan Sebenarnya Rusia Tarik Mundur Kekuatannya Dari Suriah

putin ngambekEramuslim – Setelah pengumuman mendadak penarikan mundur sebagian besar kekuatan militer Rusia di Suriah pada Senin (14/03) malam, banyak sekali spekulasi mencuat mengenai alasan sebenarnya Presiden Putin mengurangi kekuatan militernya di Suriah.

Salah satunya adalah yang diutarakan penulis dan pengamat Suriah, Mohammed Khairallah, yang menyebut keputusan penarikan Putin dilatar belakangi oleh adanya beberapa faktor internal dan eksternal, termasuk penipuan dari Iran.

“Faktor utama yang menyebabkan Putin mundur adalah beban biaya perang di Suriah yang ditanggung dirinya secara pribadi serta kas negara, terlebih Rusia kini dalam keadaan terjepit setelah berseteru dengan Turki yang menjadi pemasok kebutuhan ekonomi terbesar,” ujar Mohammed Khairallah dalam wawancaranya dengan Rassd.

Mohammed Khairallah melanjutkan, “Dan yang paling utama dirasakan oleh Putin saat ini adalah rasa permusuhan dengan orang-orang Arab dan Sunni di seluruh dunia karena ikut campur langsung di Suriah.”

“Putin akhirnya sadar bahwa keberadaan Rusia di Suriah adalah sebagai garda terdepan yang dimanfaatkan untuk melayani kepentingan rezim yang akan runtuh,” tutup Mohammed Khairallah. (Rassd/Ram)