Israel Semakin Terdesak, Parlemen Eropa Dukung Pengakuan Negara Palestina

pengakuan terhadap palestinaParlemen Eropa menyatakan dukungannya terhadap pengakuan negara Palestina dan solusi dua negara, dalam pemungutan suara resolusi damai yang didukung oleh mayoritas 498 orang Parlemen berbanding dengan 88 orang yang menolak.

Dalam rancangan resolusi yang tidak mengikat ini, parlemen Uni Eropa menyatakan dukungannya terhadap pengakuan negara Palestina, akan tetapi hal ini harus dikaitkan dengan proses perdamaian yang mesti dihidupkan kembali oleh ke dua negara.

Rancangan ini dipelopori oleh anggota dari partai Sosialis, partai Hijau dan golongan kiri radikal di parlemen Uni Eropa. Sementara itu Partai Eropa Rakyat (sayap kanan) meminta rancangan resolusi ini dihubungkan kembali dengan pembicaraan damai kedua negara.

“Tercatat negosiasi alot oleh lima blok politik di Parlemen Eropa terjadi saat perumusan dan pemungutan suara pada Rabu (17/12),” seperti dilansir kantor berita Jerman.

Sementara itu juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nationwide, menanggapi hal tersebut mengatakan “hanya perundingan bilateral antara Palestina dan Israel saja yang dapat menyelesaikan konflik di Timur Tengah, bukan pemungutan suara di Parlemen.” (Rassd/Ram)