Jubir Gerakan Mahasiswa: “Militer Telah Menangkap 2.200 Mahasiswa Sejak Awal Kudeta”

mahasiswa azharIbrahim Jamal, Juru bicara gerakan “Gerakan Mahasiswa Melawan Kudeta”, menolak tuduhan yang menyebut bahwa mahasiswa Al-Azhar telah melepaskan tembakan ke arah salah satu mahasiswi di Nasr City. Ia menegaskan bahwa pasukan keamanan-lah yang melepaskan tembakan dan gas air mata ke arah mahasiswa.

Jamal juga menegaskan bahwa pasukan keamanan telah menangkap 12 mahasiswa dari Al-Azhar, dan ia menyebut bahwa militer telah kehilangan akalnya, dan mencoba untuk membuat tuduhan-tuduhan yang naïf untuk merusak citra gerakan mahasiswa di depan publik.

Masih dalam konteks yang sama, Jamal pun mengungkap bahwa lebih dari 2.200 mahasiswa telah ditangkap dan ditahan oleh militer sejak kudeta dimulai, namun ia tetap menegaskan bahwa segala tindakan represi dan penangkapan itu tidak akan mempengaruhi perjuangan mahasiswa untuk menjatuhkan kuasa Kudeta, dan mengembalikan legitimasi.

Ia juga menyerukan kepada para pemuda dan warga Mesir untuk menolak berpartisipasi dalam referendum amandemen UU 2012 yang telah ditetapkan oleh komite  yang dibentuk oleh para pemimpin kudeta. (hr/im)