Kalau Tidak Ada Penjajah Barat, Maka Tidak Akan Ada Organisasi Negara Islam

Muhammad GormazEramuslim – Kepala Urusan Agama, Muhammad Gormaz, mengatakan Barat bertanggung jawab penuh atas lahirnya organisasi Negara Islam di Irak dan Suriah serta Taliban dan al-Qaeda di Afghanistan, dalam sebuah pertemuan dengan Mufti wilayah Tripoli utara Lebanon pada hari Selasa (10/05) kemarin di ibukota Ankara.

“Tanpa penjajahan Barat atas Irak maka tidak aka nada Organisasi negara Islam. Tanpa penjajahan Barat terhadap Afghanistan untuk waktu yang lama maka tidak akan muncul organisasi seperti Taliban dan al-Qaeda,” ujar Muhammad Gormaz.

Muhammad Gormaz melanjutkan, “Umat Islam harus menyadari penyebab eksternal dan internal dari perkembangan yang terjadi di dunia Islam. Tidak hanya sampai disana, kita juga harus mengambil pelajaran dari apa yang terjadi.”

Menurutnya penyebab eksternal yang datang dari negara-negara imperialis akan terus menyebarkan kerusuhan di negara-negara Muslim. Sedangan penyebab internal akan datang dari mereka yang mengklaim melakukan tindak kekerasan atas nama agama.  (Anatolia/Ram)