Keluarkan Senjata Terbaru, Rusia Kini Gunakan Bom Thermite di Suriah

bom thermiteEramuslim ā€“ Sukses uji coba selang peledak pada awal bulan Juni ini, militer Rusia kembali dikabarkan menjatuhkan bom jenis baru dalam perang melawan mujahidin Suriah di pedesaan provinsi Aleppo, seperti dilansir dalam laporan terbaru Jaringan Observatorium Suriah untuk hak asasi manusia.

Dalam laporan terbaru yang di keluarkan lembaga pemantau HAM asal ibukota London pada pekan ini menyatakan bahwa Rusia telah menggunakan ā€œbom thermiteā€ dalam pemboman di daerah pedesaan provinsi Aleppo dalam 2 pekan terakhir.

Kami mendapatkan bukti penggunaan thermite dalam aksi pemboman terbaru pesawat militer Rusia di pinggiran provinsi Aleppo. Rusia memasukan zat ini dalam bom cluster yang digunakan untuk membombardir wilayah yang dikuasai mujahidin Suriah, tulis Jaringan Observatorium dalam laporannya.

Thermite sendiri merupakan reaksi eksotermik antara bubuk aluminium dan besi oksida yang dapat meleburkan baja seperti sebuah wajan panas mencairkan mentega. Dalam pembakarannya, thermite dapat menyala di udara selama 180 detik hingga materialnya habis terbakar.

Perlu diketahui bahwa runtuhnya menara kembar WTC pada 9 September tahun 2001 di duga akibat bom thermite yang dipasang agen intelejen Amerika Serikat di tiang-tiang dasar peyangga menara setinggi ratusan lantai tersebut. (Alarabiya/Ram)