Kemesraan Komunis dan Syiah: Rusia Akan Bangun Reaktor Nuklir Iran

reaktorXnuklirEramuslim.com – Iran akan mulai membangun dua unit pembangkit nuklir di Iran pekan depan, sesuai dengan penandatangangan kesepakatan di Moskow tahun lalu.

Laporan yang dipublikasikan oleh kantor berita Mehr tidak memberi rincian lebih lanjut namun komentar dari Behrouz Kamalvandi, juru bicara dari Organisasi Energi Atom Iran merujuk pada perluasan stasiun pembangkit nuklir Bushehr, yang didisain dan dibangun oleh Rusia.

Iran saat ini sudah mengoperasikan reaktor nuklir buatan Rusia di Bushehr. Rusia menandatangani perjanjian dengan Iran pada November tahun lalu untuk membangun delapan reaktor lagi di Iran.

Badan pengawas nuklir PBB pada awal Desember menutup investigasi soal Iran yang sudah berlangsung lama. Laporannya mengungkap bahwa Iran pernah memiliki program untuk membuat senjata nuklir selama bertahun-tahun. Namun program ini berhenti pada 2003. Temuan juga mengungkap bahwa tidak ada bukti kredibel terkait riset dan pengembangan soal bom nuklir setelah 2009.

Pembangkit Bushehr sendiri tak pernah dianggap oleh para ahli dan diplomat memiliki risiko proliferasi nuklir.

Aspek lain yang membuat nuklir Iran dianggap berpotensi untuk mengembangkan senjata seperti aktivitas pengayaan uranium dan reaktor air, akan dibatasi di bawah perjanjian nuklir Iran dengan negara dunia termasuk Rusia yang dicapai Juli lalu.

Sebagai gantinya, sanksi ekonomi terhadap Iran akan dicabut.(ts/cnn)