Empat Tahun Perang Di Irak, Total Kerugian Diperkirakan Capai 300 Miliar Dolar AS

perang irakEramuslim – Koalisi Nasional Irak memperkirakan kerugian akibat perang di Irak sejak 2011 lalu mencapai 300 miliar dolar AS, termasuk kerugian yang disebabkan milisi Syiah dalam serangan ke kota Anbar pada pekan kemarin.

Seperti dilansir jubir Koalisi Nasional Baligh Abu Kalal dalam wawancaranya di program “seperempat jam,” saluran televise Alsumaria mengatakan, “Kerugian Irak akibat perang mencapai 300 miliar dolar AS, 200 miliar dolar dilakukan oleh Negara Islam dan 100 miliar dolar lainnya oleh pemerintah.”

Sementara itu menanggapi isu berdirinya negara Kurdistan, Baligh Abu Kalal menegaskan bahwa konstitusi negara menyatakan suku kurdi adalah bagian dari negara kesatuan Irak.

Perlu di ingat bahwa konflik sekterian di Irak bermula ketika PM Nouri Al Maliki bersikap diskrimitaif terhadap warga Sunni Irak selama menjabat Perdana Menteri dari tahun 2006 hingga 2014 lalu.

PM Nouri Al Maliki dituding membiayai milisi Syiah Iran utuk menciptakan terror terhadap warga Sunni, khususnya diwilayah ibukota Baghdad. (Akhbarak/Ram)