Krisis Ekonomi, 200 Pengungsi Suriah Minta Pergi Ke Negara Eropa Lainnya

GREECE-IMMIGRATION-SYRIA-RIGHTS-DEMOSekitar 200 pengungsi Suriah di Athena mengungkapkan keinginan mereka untuk meninggalkan Yunani akibat krisis ekonomi yang melanda negara ini.

Dalam pernyataannya kepada wartawan, perwakilan pengungsi Suriah Nader Halbuni mengatakan “ akibat krisis ekonomi, Yunani tidak dapat menanggung beban untuk melindungi pengungsi perang.”

Nader menambahkan “satu-satunya solusi adalah memberikan kami hak pergi ke negara Eropa lain untuk memulai hidup baru yang layak.”

Sekitar 200 pengungsi Suriah terpaksa berkemah di Syntagma Square di pusat kota Athena sejak 19 November lalu, sebagai aksi protes menuntut pemerintah Yunani untuk menyediakan perumahan bagi mereka setelah 1 bulan para pengungsi ini menghabiskan tidur di taman atau jalanan.

Tercatat sepanjang tahun 2014 sebanyak 28 ribu imigran ilegal memasuki Yunani, jumlah ini meningkat tajam jika dibandingkan dengan tahun 2013 lalu sebanyak 8500 orang pengungsi.

Yunani, Italia dan Spanyol menjadi negara tujuan imigran ilegal asal Afrika, Timur Tengah dan India sebagai pintu gerbang untuk memasuki Uni Eropa. (Skynewsarabia/Ram)