Kunjungi Gaza, Sekjen PBB Hanya Bisa Berempati Kepada Warga Palestina Akibat Kekejaman Penjajah Zonis Israel.

Ban di GazaEramuslim – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon, mendesak dunia internasional menahan pejabat Zionis Israel yang bertanggung jawab atas hukuman kolektif blokade ekonomi yang diberlakukan penjajah Zionis Israel terhadap warga Gaza.

Pernyataan ini dilontarkan Ban dalam kunjungannya ke wilayah Jalur Gaza pada Selasa (28/06) pagi, saat menggelar jumpa pers di Madrasah Ibtidaiyyah Zaitun di Hay Tel Hawa sebelah Barat Gaza.

“Warga Palestina, khususnya Gaza memiliki ruang yang besar di hari saya. Ini dibuktikan sudah 4 kali dalam 10 tahun masa jabatan sebagai Sekjen PBB saya telah mengunjungi wilayah ini,” ujar Ban dalam pernytaannya.

Ban melanjutkan, “Saya sudah melihat dampak agresi terakhir yang dilakukan penjajah Zionis Israel pada tahun 2014 lalu. Dan say terkesan dengan ketabahan, kesabaran dan semangat rakyat Gaza menghadapi cobaan tersebut.”

Ban bertanya, “Bisakah kita kembali membangun hidup? Bisakah kita memulihkan kembali kehancuran akibat peperangan ini? Bisakah kita percaya bahwa suatu saat akan datang masa dimana mereka yang bertanggung jawab atas ketidak adilan dan penderitaan rakyat ini mendapatkan balasan.. saya yakin jawabanya bisa.”

Selain itu Ban juga mengicapkan rasa terima kasih kepada para donatur seperti Turki dan Qatar yang mau menyisihkan dana mereka untuk mengurangi penderitaan warga Gaza, meskipun sekitar 70% penduduk di wilayah ini masih membutuhkan bantuan kemanusiaan segera. (Rassd/Ram)