Kurang, Gedung Putih Kembali Kirim 600 Tentara Tambahan Ke Irak

obama-EL-DIABLOEramuslim – Seorang pejabat militer AS mengungkapkan rencana Washington mengirimkan 600 pasukan tambahan ke Irak, dalam rangka persiapan operasi perebutan kota Mosul dari organisasi Negara Islam pada bulan Oktober mendatang.

Sumber yang minta dirahasikan identitasnya mengatakan, “Penambahan pasukan AS ke Irak atas dasar permintaan resmi PM Haider al-Abadi sebelum dimulainya operasi pembebasan kota Mosul.”

Pejabat tersebut melanjutkan, “Pengumuman pasti pengiriman ini dan jumlah sebenarnya pasukan AS di Irak akan diumumkan pemerintah pada hari Rabu (29/09).”

Dalam konteks terkait, “Peran pelatih dan penasehat bukan untuk bertempur langsung di medan peperangan, melainkan melatih dan memberi masukan. Barang siapa yang membantu kami dalam membebaskan tanah air adalah pahlawan bagi kami. Dan tidak ada kekuatan seperti AS yang mau membantu pasukan kami.”

Disisi lain, juru bicara koalisi internasional Kolonel John Dorian dalam keterangannya tanggal 9 bulan September ini mengatakan bahwa jumlah militer AS hingga bulan September ini sebanyak 4.460 personel dari 8.000 personel pasukan koalisi internasional di Irak. (Alarabiya/Ram)