Web Syiah Iran Nyatakan Saudi Sedang Bentuk Poros Sunni Di Dunia Arab

penyebaran Sunni-Syiah di TimtengEramuslim – Sebuah situs yang dekat dengan Garda Revolusi Iran menuding Arab Saudi sedang membentuk poros Sunni di Timur Tengah, dengan dimulainya operasi militer terhadap pemberontak Syiah Houthi di Yaman.

Dalam terbitannya situs Marion Iran menyatakan bahwa kesepakatan nuklir Iran dengan negara Barat jelas telah mengubah wajah perpolitikan di Timur Tengah, dimana Arab Saudi beserta sekutu-sekutunya mencoba bersaing dengan Iran di kawasan.

Saat ini Arab Saudi sedang membentuk poros Sunni di Timur Tengah dengan beranggotakan Turki, Qatar, Mesir dan UEA, serta beberapa negara Sunni moderat di Timteng, ujar situs yang dekat dengan Garda Revolusi Iran.

Marion Iran menjelaskan bahwa langkah ini di ambil Saudi untuk berusaha melawan dominasi Syiah yang dipimpin oleh pemerintah Teheran.

“Jelas bahwa kesepakatan nuklir Iran dengan negara 5 +1 telah menyebabkan ketakutan bagi negara Arabia tentang peta politik baru yang tercipta di wilayah tersebut, di mana kekhawatiran akan kembalinya hubungan Iran-Amerika yang akan membahayakan kepentingan Saudi di kawasan,” seperti ditulis Marion Iran dalam artikelnya.

Senada dengan web Marion Iran, seorang pengamat politik Timur Tengah asal Teheran menyatakan bahwa pemulihan hubungan Arab Saudi-Turki-Qatar di wilayah akan membawa dampak buruk pada penyebaran paham Syiah Iran di kawasan. (Rassd/Ram)