Terus Terdesak, Syiah-Houthi Minta Bantuan Pasukan Iran

pemberontak-syiah-houthiEramuslim – Pemberontak Syiah Houthi dan sekutunya Ali Abdullah Salah dikabarkan telah resmi meminta bantuan Syiah Iran dalam perang melawan koalisi Islam Sunni pimpinan Arab Saudi di Yaman.

Parlemen Syiah Houthi di Yaman secara resmi telah mengirim surat kepada ketua Dewan Syura Syiah Iran, Ali Larijan, untuk meminta bantuan dan intervensi langsung dalam menghadapi koalisi Islam Sunni pimpinan Arab Saudi, seperti dilansir kantor berita pemerintah Iran “Tasnim”.

Dari salinan surat yang diperoleh Tasnim menyatakan bahwa Parlemen Syiah Houthi mengaku bahwa pihaknnya dalam posisi terdesak akibat kerugian dan kekalahan telak menghadapi pasukan koalisi Islam Sunni Arab, sehingga membutuhkan dukungan dan intervensi langsung dari pemerintah Syiah Iran.

Apakah Syiah Iran akan turun tangan di Yaman seperti di Irak dan Suriah? Hanya Allah Subahanahu Wata’ala yang maha mengetahui, dan akan terjawab dengan berjalannya waktu.

Konflik di Yaman bermula saat pemberontak Syiah Houthi merebut ibukota Sana’a pada awal bulan Januari tahun 2015 lalu, dan mengkudeta Presiden sah Abed Rabbo Mansur Hadi 2 bulan setelah menguasai ibukota. (Dostor/Ram)