11.730 Pekerja Pribumi Terancam PHK Dalam Waktu Dekat

JokowiBlenyun-300x350Eramuslim.com – “Jika Jokowi jadi presiden, hancur Indonesia!,” demikian petikan pernyataan JK sebelum menjilat ludahnya sendiri dengan bersedianya mendampingi Jokowi jadi cawapres. Dan sekarang ucapannya terbukti,  ekonomi Indonesia makin terpuruk sejak pemerintah dipimpin Jokowi. Kementerian Ketenagakerjaan mendapatkan laporan bahwa sebanyak 11.730 pekerja terancam terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam waktu dekat.

Adapun perusahaan-perusahaan yang akan melakukan PHK itu berasal dari enam daerah industri di Tanah Air. Tapi, Kementerian Ketenagakerjaan belum merilis daftar perusahaan dan lokasi perusahaan tersebut.

“Nanti akan dirilis, ini datanya masih kamiupdate terus,” ungkap Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Kementerian Ketenagakerjaan Muji Handaya, Jumat (31/7). Ia juga tidak bersedia menyebutkan perusahaan yang telah melaporkan akan melakukan PHK itu beroperasi di sektor apa saja.

Menurut Muji, Kementerian Ketenagakerjaan tidak memiliki kewenangan untuk memaksa perusahaan agar tidak melakukan PHK. “Kalau memang akan PHK, tetap harus melalui prosedur dan hak pekerja diberikan semua,” tuturnya.(rz/pribuminews)