Aktivis ProDem: Hubungan Jokowi dan Ahok Simbiosis yang Sangat Misterius

ahok jokowi tniEramuslim.com – Sekretaris Jenderal Jaringan Aktivis ProDEM, Satyo P, menilai hubungan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Joko Widodo sebagai simbiosis yang sangat misterius. Hubungan keduanya bisa dipersepsikan namun yang tahu sebenarnya adalah Ahok dan Jokowi sendiri.

“Hubungan Ahok dan Jokowi ini hubungan yang aneh, misterius, cuma Jokowi dan Ahok yang tahu,” kata dia dalam diskusi publik ‘Perilaku Politik Ahok Merugikan Jokowi?’ di Jakarta, Minggu (28/8).

Disampaikan Satyo, berbagai program yang dicanangkan Jokowi waktu masih menjabat sebagai Guberur DKI Jakarta dalam kenyataannya tidak dilanjutkan oleh Ahok. Bahkan, dalam beberapa program Ahok nyata-nyata berseberangan dengan Jokowi. Anehnya, Jokowi ditekankan dia terus diam seolah takut.

“Beberapa program Jokowi tidak dilaksanakan Ahok, penggusuran, soal kampung deret, pasar tradisonal, itu semua ditabrak oleh Ahok,” jelasnya.

Selain misteriusnya hubungan Jokowi-Ahok, Satyo juga menilai Ahok mempunyai ingatan yang sangat pendek terhadap kebaikan orang lain. Disinggung bagaimana budayawan JJ Rizal yang membela Ahok terkait perseteruannya dengan Front Pembela Islam (FPI). Akan tetapi, beberapa waktu kemudian Ahok justru menyerang habis-habiskan ke JJ Rizal. Ia khawatir ingatan pendek ini akan terus berlaku, termasuk kepada Jokowi sendiri ke depan.

“Ahok ini dikenal mempunyai ingatan pendek terhadap kebaikan orang. JJ Rizal pernah memback up waktu Ahok diserang FPI. Tapi apa, suatu hari JJ Rizal dimaki-maki oleh Ahok. Saya khawatir (ke depan) Jokowi juga akan diselesaikan kebaikannya,” demikian Satyo. JJ Rizal sendiri pernah berupaya mencalonkan diri sebagai walikota Depok dari jalur independen namun kandas karena salah satu pengecam FPI ini tak mendapat cukup dukungan dari warga. (ts/akt)