Ali Sadikin Tegas, Tapi Bukan Piaraan Cukong!

Eramuslim.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) dari daerah pemilihan DKI Jakarta, Andi Mappetahang Fatwa, berharap DKI Jakarta akan dipimpin figur baru yang ideal mulai tahun 2017.

Soal figur Gubernur Jakarta yang ideal, menurut politikus mantan tahanan Orde Baru ini, akan membuat orang teringat kepada mendiang Ali Sadikin.

Menurutnya, Ali Sadikin merupakan salah satu gubernur berani dan tegas yang pernah dimiliki ibu kota negara. Bersamaan dengan sikap itu, Ali Sadikin sangat memperhatikan rakyatnya, tetapi menjaga jarak dengan pemodal atau pengembang properti.

“Masalah keberanian, ketegasan, dan keberpihakan kepada rakyat,” kata Fatwa dalam diskusi bertajuk “Pemimpin Jitu, Di Mana Engkau” di komplek SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (29/9).

MANTAN GUBERNUR DKI JAKARTA ALI SADIKIN
MANTAN GUBERNUR DKI JAKARTA ALI SADIKIN

Fatwa yang pernah merasakan langsung pemerintahan Ali Sadikin mencatat, Pemerintahan DKI Jakarta di era gubernur berlatar belakang Marinir itu adalah pemerintahan yang selalu hadir bagi warga Jakarta. Ali Sadikin tidak pernah mengeluarkan kebijakan yang meminggirkan rakyat.

“Satu hal yang menonjol dari Bang Ali, bahwa tidak ada kongkalikong dengan pengembang, bahkan pengembang banyak dikemplang,” ujarnya, seperti diberitakan RMOL Jakarta.

Masih berkaitan dengan sosok yang punya sapaan Bang Ali itu, kemarin Gubernur Jakarta, Basuki Purnama alias Ahok, menyatakan dirinya ingin menjadi kepala daerah yang dikenang baik berkat kinerja yang positif. Salah satu contohnya ia sebutkan adalah mendiang Ali Sadikin.

“Kayak Pak Ali Sadikin, sudah meninggal begitu lama, dia seolah-olah masih hidup. Semua orang ngomongin Ali Sadikin melulu. Gus Dur juga, kayak masih hidup saja. Orang ngomongin dia (Gus Dur) terus,” ujar Ahok.(ts/rmol)