Bercanda di Istana Negara, Ahok Tak Tahu Sopan Santun

Eramuslim.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dinilai tidak memiliki sopan santun. Buktinya, Ahok bercanda dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat pelantikan Suhardi Alius sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), di Istana Negara.

“Jelas sekali itu sangat tidak sopan dan tidak beretika,” ujar Ketua Komisi Pemerintahan DPRD DKI Jakarta, Riano P. Ahmad saat dihubungi, Kamis (21/7/2016).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengungkapkan, sebagai pemimpin daerah, seharusnya Ahok dapat menunjukan sikap kepemimpinan yang baik.

suhokBukan seenaknya melontarkan guyonan yang membuat Susi Pudjiastuti geram dan mengepalkan tinjunya kepada Ahok.

“Bagaimana pun pelantikan Kepala BNPT adalah acara resmi negara yang dihadiri Presiden, tidak elok lah jika justru bercanda,” ungkapnya.

Sebelumnya, masyarakat sempat dihebohkan dengan foto Menteri susi yang mengacungkan kepalan tinjunya ke arah Ahok.

Momen tersebut tertangkap kamera pewarta foto harian Media Indonesia, Panca Syurkani.

Ahok mengaku, hal tersebut merupakan candaan antara dirinya dengan Susi. Ketika itu, dia melontarkan guyonan saat Susi hendak mengambil tas yang berisi rokok.

“Saya bilang awas lu ya ambil rokok. Di Istana lu mau ngerokok?,” ujar Ahok.

Saat itu juga, kata Ahok, Susi menimpali dengan protes soal pelarangan rokok yang menurutnya gara-gara peraturan yang dibuatnya.

“Kamu tuh Gubernur bikin larangan rokok dimana-mana, bikin saya susah ngerokok. Ngomong gitu Bu Susi,” terang Ahok.(ts/rn)