Bertemu Erdogan, JK Tak Bahas Soal Speaker Masjid dan Kaset Pengajian

Jusuf-Kalla-dan-ToaEramuslim.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Sabtu (1/8) pagi. Erdogan tiba pada pukul 10.30 WIB, Tak lama kemudian, JK tiba di Ritz Carlton. JK sempat tersenyum dan melambaikan tangan. Pertemuan pun berlangsung secara tertutup, namun dipastikan jika masalah larangan speaker masjid yang menyiarkan kaset pengajian tidak akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Dalam kunjungan selama tiga hari di Indonesia, Erdogan sebelumnya telah bertemu empat mata dengan Presiden Joko Widodo. pada Jumat (31/7/2015) kemarin. Berbagai hal dibahas dalam pertemuan itu, termasuk menyepakati beberapa kerja sama.

Salah satu isu yang dibahas dalam pertemuannya berkaitan dengan pemberantasan terorisme, termasuk Negara Islam Irak Suriah (IS). “Dalam pertemuan tadi kita telah membahas isu-isu dunia yang berkaitan dengan terorisme dan situasi di Timur Tengah (Timteng). Tetapi kami memang menitipkan menitikberatkan kepada bidang ekonomi,” ujar Presiden Jokowi tanpa menyinggung sedikit pun terorisme GIDI yang bersekutu dengan Zionis Israel.

Setelah bertemu JK, Erdogan diagendakan akan hadir dalam Turkey Business Forum di tempat yang sama guna mempertemukan antara pengusaha negaranya dengan Indonesia yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin).(rz)