BNPT Akan Bentuk Forum Pencegahan Terorisme di 15 Provinsi

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menargetkan untuk membentuk Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di 15 provinsi pada sisa tahun ini, sebagai perpanjangan tangan dalam dalam upaya pencegahan aksi terorisme dengan melibatkan masyarakat.

Hingga kini BNPT telah membentuk FKPT di 11 provinsi, seperti Maluku, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat dan Bali.

Menurut Ketua BNPT Ansyaad Mbai, FKPT adalah forum koordinasi yang berfungsi untuk mendiskusikan berbagai persoalan terkait pencegahan terorisme di daerah, dengan melibatkan pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan sejumlah unsur lainnya.

Ansyaad mengatakan pada Jumat (19/10) bahwa pembentukan FKPT pada tahun ini lebih diprioritaskan pada daerah yang rawan aksi radikalisme atau terorisme, seperti Bali.

“Bali ini tempat paling favorit bagi teroris kalau dia ingin melakukan aksi dan pesannya akan sampai ke seluruh pelosok dunia. Tetapi sadar akan situasi itu, masyarakat Bali yang paling peduli terhadap bahaya itu,” ujar Ansyaad.(fq/voa)