Dede Yusuf Heran Jokowi Bilang Tidak Ada PHK

Perjalanan-Hidup-JokowiEramuslim.com – Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf mengaku heran dengan pernyataan Jokowi yang mengatakan tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja, padahal bertolak belakang dengan data Kementerian Tenaga Kerja.

“Perkataan Presiden Jokowi tentang tidak adanya PHK di Indonesia saat ini sungguh mengherankan, karena berdasarkan data Kemenaker jelas-jelas hampir 45 ribu pekerja mengalami PHK,” katanya di Jakarta (8/10).

Dede juga mengatakan, berdasarkan data Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, ratusan ribu pekerja mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT). Hal itu menurut dia, bisa dijadikan indikasi, karena itu dirinya mempertanyakan apa dasar Presiden Jokowi berkata demikian. Bahkan Apindo mencatat ada 9.000.000 pekerja pribumi sudah kena PHK.

“Saya khawatir Presiden tidak mendapatkan laporan yang benar dari para pembantunya terkait jumlah PHK, jangan sampai laporan yang diberikan hanya sekadar Asal Bapak Senang (ABS),” ujarnya.

Juru bicara Partai Demokrat itu berharap Presiden Jokowi mendapat informasi yang akurat agar dapat melihat realita kondisi pekerja secara obyektif. Menurut dia, sangat memprihatinkan apabila yang disampaikan seorang Presiden tidak sesuai dengan kenyataan yang ada sehingga menyebabkan kesimpangsiuran informasi.

“Namun yang penting, bagaimana agar pemerintah mampu hentikan dan cegah gelombang PHK, jangan sampai para pekerja kehilangan penghasilannya. Karena daya beli pekerja harus dijaga agar roda perekonomian tetap berjalan,” katanya. Jokowi ini sungguh-sungguh tidak tahu ada PHK atau memang pura-pura tidak (mau) tahu dengan kondisi rakyatnya sendiri? (ts)