DFJ: Bagai Opera Badut, Dunia Tertawa Lihat Tingkah Menhub Jonan Berseragam Jenderal

ignasius johanEramuslim.com – Sekadar mengulang memori, inilah tingkah polah Menteri Jonan dan jajarannya yang kekanak-kanakan:
Menteri Perhubungan Ignatius Jonan telah melecehkan institusi TNI karena dia memakai seragam bahkan bintang layaknya seorang jenderal.
“Jonan pakai seragam dengan berbagai kepangkatan sampai bintang itu sebuah pelecehan terhadap TNI. TNI harus menegur Jonan. Dia kayak jenderal kancil saja,” kata peneliti Democracy for Freedom and Justice (DFJ) Muhammad Salafuddin dalam pernyataan kepada intelijen, Senin (23/11).
kemenhub
Apa bedanya dengan bocah yang suka pakai baju jenderal-jenderalan?

Menurut Salafuddin, Komisi I DPR selaku mitra dari TNI harus memanggil Menteri Jonan karena seragam yang dipakai itu telah melecehkan institusi TNI. “Tidak seharusnya seragam Menteri Jonan ada bintang dan pakai tongkat komando segala. Dunia pun tertawa melihat tingkah Jonan,” papar Salafuddin.

Kata Salafuddin, jika Komisi I maupun Presiden Jokowi tidak mengoreksi kelakuan Menteri Jonan, publik maupun dunia internasional akan menganggap pemerintah sekarang ini seperti opera badut. “Opera badut itu khan ada yang jadi jenderal tapi bukan seorang jenderal,” jelas Salafuddin.
Selain itu, ia menilai Jonan terlalu memaksakan pegawai Kemenhub dengan cara militeristik. “Kedisplinan tidak harus dengan cara militer. Justru dengan mewajibkan pegawai Kemenhub ikut pelatihan seperti militer sangat kontraproduktif,” papar Salafuddin.
Salafuddin pun mengkritisi Jonan yang tidak berani terhadap pemilik Lion Air setelah disomasi. “Setelah disomasi, Jonan minta maaf, padahal dari segi penampilan seperti jenderal, ini justru memalukan sekali,” pungkas Salafuddin. Dan jangan lupa, pembuatan seragam ala jenderal ini diduga kuat menggunakan uang rakyat. Memalukan sekali!(ts/pm)