Dialog Lintas Agama RI-Ethiopia

Sebagai wujud komitmen Indonesia dalam menciptakan “Harmony Among Civilization” Pemerintah Indonesia mengadakan kegiatan seminar Dialog Lintas Antar Agama RI-Ethiopia I di Indonesia yang berlangsung di sekretariat International Confference for Islamic Scholars (ICIS), Jalan Dempo No. 5 Jakarta pusat pada Selasa (19/4). Kegiatan ini merupakan amanat dari Presiden SBY yang sering diucapkan dalam berbagai kesempatan, sekaligus untuk mendorong kerjasama dan networking para pemegang kepentingan di Indonesia dan luar negeri.

Acara yang dibuka oleh KH. Hasyim Muzadi, Ketua ICIS,ini terselenggara berkat kerjasama KBRI Adis Ababa, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Agama, serta melibatkan ICIS. Kegiatan yang mengusung tema “Managing Mutual Respect and Understanding in the Religious Communities: Indonesia and Ethiopia Experiences” ini melibatkan 3 orang narasumber dari Ethiopia, dan 4 orang narasumber Indonesia yang terdiri dari tokoh-tokoh agama, think-tank, dan akademisi.

Hal-hal yang menjadi perhatian dalam dialog ini adalah pengalaman Indonesia dan Ethiopia dalam mengatur keberagaman budaya dan agama di negara masing-masing untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis; peran pemuka-pemuka agama dalm mempromosikan perdamaian; serta bagaimana meningkatkan kerjasama antar masyarakat madani kedua negara. (mzs)