Eramuslim » Berita Nasional http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Mon, 30 Jun 2014 08:22:25 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ Pemerintah RI Tetapkan Awal Ramadhan Jatuh Pada 29 Juni 2014 http://www.eramuslim.com/berita/nasional/pemerintah-ri-tetapkan-awal-ramadhan-jatuh-pada-29-juni-2014.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/pemerintah-ri-tetapkan-awal-ramadhan-jatuh-pada-29-juni-2014.htm#comments Fri, 27 Jun 2014 12:57:03 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=79078 lukmanMenteri Agama RI , Lukman Hakim Syaifuddin bersama dengan banyak ormas Islam di Indonesia memutuskan sidang Isbat awal berpuasa ramadhan jatuh pada Ahad , tanggal 29 Juni 2014, keputusan ini diambil karena tidak ada satupun tim pemantau hilal di Indonesia yang melihat penampakkan hilal di lokasi pantauan tersebut. Sehingga dalam sidang Isbat tersebut bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari.

Menteri Agama juga menyerukan kepada pihak yang berbeda menentukan awal Ramadhan 1435 H ini untuk saling menghormati satu sama lainnya.

Seperti diketahui, Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa Ramadhan di Sabtu tanggal 28 Juni 2014. (KH)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/pemerintah-ri-tetapkan-awal-ramadhan-jatuh-pada-29-juni-2014.htm/feed 0
Walau Hadiri Sidang Isbat, Muhammadiyah Tetap Mulai Berpuasa Sabtu 27 Juni 2014 http://www.eramuslim.com/berita/nasional/walau-hadiri-sidang-isbat-muhammadiyah-tetap-mulai-berpuasa-sabtu-27-juni-2014.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/walau-hadiri-sidang-isbat-muhammadiyah-tetap-mulai-berpuasa-sabtu-27-juni-2014.htm#comments Fri, 27 Jun 2014 12:27:07 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=79076 muhammadiyahxxPerwakilan organisasi Islam Muhammadiyah tetap menghadiri sidang isbat yang digelar Kementerian Agama sore ini. Meski hadir dalam sidang yang menentukan awal Ramadan tersebut, Muhammadiyah tetap bergeming memulai puasa Ramadan pada Sabtu (28/6/2014) besok.

“Kehadiran kita di sini bukan untuk berunding itu karena sudah buat keputusan. Kehadiran ini hanya untuk menghormati undangan menag. Jadi tidak mendebatkan,” ujar Ketua bidang Tarjih dan Pemikiran Islam PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas di Kantor Kemenang, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (27/6/2014). 

Yunahar mengatakan Muhammadiyah telah menetapakan awal Ramadan melalui metode hisab pada 8 Mei 2014 lalu. Dia menjelaskan, metode yang digunakan Muhammadiyah adalah hisab hakiki wujudulhilal yang berbasis pada penghitungan eksistensi. Berbeda dengan rukyah, melalui metode hisab tidak perlu melakukan pengamatan langsung terhadap hilal (bulan baru). Karena berdasarkan teori, kemunculan hilal dapat diprediksi. 

“Kalau ini kan basisnya, observasi dilihat, kalau kita eksistensi. Kalau sudah ada (penghitungan), enggak perlu (bulan baru/hilal) dilihat. Bulan baru itu ditetapkan berdasarkan 3 kriteria: terjadi ijtimak. Ijtimak itu harus sebelum magrib dan pada saat matahari terbenam, bulan masih ada di atas ufuk plus berapa derajat saja, misal nol koma nol sekian, itu tidak apa-apa. Sekarang menurut hisab Muhammadiyah, ijtimak terjadi pukul 15.10 di Yogja, berarti syarat pertama dan kedua terpenuhi. Yang ketiga, bulan masih ada 0 derajat 31 menit 17 detik (ketinggiannya) berarti sekitar 1/2 derajat. Tapi bagi Muhammadiyah itu sudah wujud. Dengan demikian malam ini sudah 1 Ramadan,” jelasnya.

“Jadi berbeda dengan rukyah. Menurut saya enggak perlu lihat-lihat (hilal) lagi di beberapa titik, itu mubadzir saja. Secara teoritis sudah bisa diputuskan tapi karena sudah tradisi ya silakan,” pungkas Yunahar. (Dtk/Kh)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/walau-hadiri-sidang-isbat-muhammadiyah-tetap-mulai-berpuasa-sabtu-27-juni-2014.htm/feed 0
Thomas Jamaludin : Ramadhan Versi Pemerintah dimulai Ahad, 29 Juni 2014 http://www.eramuslim.com/berita/nasional/thomas-jamaludin-ramadhan-versi-pemerintah-dimulai-ahad-29-juni-2014.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/thomas-jamaludin-ramadhan-versi-pemerintah-dimulai-ahad-29-juni-2014.htm#comments Fri, 27 Jun 2014 11:13:06 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=79064 thomasBandung - Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan, kemungkinan besar bulan puasa versi pemerintah dimulai pada Ahad, 29 Juni 2014. Alasannya, posisi bulan di seluruh Indonesia pada saat magrib hari ini, Jumat, 27 Juni 2014, masih di bawah ufuk. 

“Kecuali di selatan Sumatera dan Jawa, namun ketinggiannya masih rendah, masih kurang dari 2 derajat,” katanya , Jumat, 27 Juni 2014. 

Dengan kondisi hilal atau bulan sabit baru penanda bulan Islam yang baru sudah berada di atas ufuk seperti itu, kata Djamaluddin, organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah akan mengawali puasa pada Sabtu, 28 Juni 2014. 

Sedangkan ormas Islam lain dan pemerintah kemungkinan besar menetapkan awal Ramadan jatuh pada Ahad, 29 Juni 2014. “Perbedaan ini bukan antara hisab dan rukyat. Hisab sama, tetapi beda kriterianya saja,” ujarnya.

Muhammadiyah, kata dia, cukup dengan wujudul hilal, atau melihat piringan di atas bulan yang muncul saat matahari terbenam. Sedangkan ormas lain, seperti Nahdlatul Ulama, mensyaratkan kemunculan bulan baru dengan ketinggian tertentu, yakni 2 derajat.

Walau awal puasa berlainan, kata Djamaluddin, hari raya Idul Fitri tahun ini akan dirayakan secara serentak. 

Menurut Djamaluddin, awal puasa dan Idul Fitri akan seragam dari 2015 hingga 2022. “Selama delapan tahun itu akan terjadi keseragaman, karena posisi bulannya (penentu Ramadan dan Syawal) sudah cukup tinggi,” katanya. 

Masa keseragaman selama delapan tahun itu, kata dia, belum bisa dipastikan sebagai periodesasi, karena masih perlu diperhitungkan kembali kesamaan masa berikutnya pada masa depan.

Sebelumnya diberitakan bahwa pemerintah akan menggelar sidang isbat pada Jumat malam ini dengan mengundang semua organisasi masyarakat keagamaan. Pemerintah akan melakukan penentuan posisi hilal secara ilmiah dengan bantuan peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, mengadakan pemantauan hilal di semua provinsi dan beberapa perguruan tinggi berbasis Islam, serta menetapkan awal puasa.  (ANWAR SISWADI/Tempo)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/thomas-jamaludin-ramadhan-versi-pemerintah-dimulai-ahad-29-juni-2014.htm/feed 0
Hamas Sebut Pemerintah Konsensus Khianati Perjanjian Rekonsiliasi Palestina http://www.eramuslim.com/berita/nasional/hamas-sebut-pemerintah-konsensus-khianati-perjanjian-rekonsiliasi-palestina.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/hamas-sebut-pemerintah-konsensus-khianati-perjanjian-rekonsiliasi-palestina.htm#comments Tue, 10 Jun 2014 03:22:54 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=78067 khalil al hayyaTokoh senior gerakan Hamas menyebut pemerintah konsensus nasional yang dipimpin oleh Rami Hamdallah telah mengkhianati upaya rekonsiliasi Palestina dengan menunda pembayaran gaji pegawai negeri Palestina di jalur Gaza.

Khalil al-Hayya meminta Presiden Palestina Mahmoud Abbas segera memerintahkan Rami Hamdallah untuk mempercepat pembayaran gaji pegawai negeri Palestina di Jalur Gaza.

Dalam konferensi pers di Kota Gaza pada Senin (09/06) malam menyatakan “kami menyerukan Presiden Abu Mazen tidak mengkaitkan kemarahannya melihat protes pegawai Gaza yang meminta pembayaran gaji yang sama dengan saudara-saudara mereka di kota Ramallah. Karena semua orang di bawah yurisdiksi hukum dan pemerintah yang sama.”

Khalil menambahkan “kami paham dengan dengan kemarahan para karyawan akibat penundaan pembayaran gaji mereka serta hak asasi para pekerja.”

Gaza sendiri menghadapi protes keras ratusan karyawan akibat penundaan pembayaran gaji mereka karena penutupan bank-bank pemerintah. (Rassd/Ram)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/hamas-sebut-pemerintah-konsensus-khianati-perjanjian-rekonsiliasi-palestina.htm/feed 0
Breaking News : Pesawat Australia Dibajak, Mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali http://www.eramuslim.com/berita/nasional/breaking-news-pesawat-australia-dibajak-mendarat-di-bandara-ngurah-rai-bali.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/breaking-news-pesawat-australia-dibajak-mendarat-di-bandara-ngurah-rai-bali.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 07:12:16 +0000 http://www3.eramuslim.com/?p=75801 virginPesawat Maskapai Australia, Virgin Blue, saat ini terpaksa mendarat di bandara Ngurah Rai Bali, dengan pennerbangan Brisbane menuju Bali.

Pesawat kini sedang berada di Run Way di Airport di Bali tersebut. Belum jelas pihak mana yang melakukan pembajakan maupun tuntutannya.

Dan pembajakan ini dikonfirmasi bahwa ada pesawat yang dibajak di Bali oleh Kapolda Bali.////

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/breaking-news-pesawat-australia-dibajak-mendarat-di-bandara-ngurah-rai-bali.htm/feed 0
Uang Kertas Penyebab Krisis Ekonomi Global http://www.eramuslim.com/berita/nasional/uang-kertas-penyebab-krisis-ekonomi-global.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/uang-kertas-penyebab-krisis-ekonomi-global.htm#comments Sat, 15 Mar 2014 03:16:38 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73544 uang kertasJika kita menggunakan alat ukur nilai mata uang kertas, sudah jelas kita lihat bagaimana suatu negara krisis diikuti oleh negara lain. Negara yang ikut krisis tersebut, karena menggunakan nilai mata uang kertas dari negara lain sebagai alat ukur nilai uang. Sedangkan negara itu mengalami krisis ekonomi, hingga terjadilah krisis ekonomi global.

Hal tersebut disampaikan oleh Konsultan Gold Dinar Spanyol Shaikh Umar Ibrahim Vadillo, dalam acaraTowards Establishing a Macroeconomic Equilibrium between Fiscal and Monetary System” digedung AR. Fachruddin B UMY, Jum’at (14/3). Acara Prodi Ilmu Ekonomi UMY ini terselenggarakan dengan kerjasama Yayasan Pengurusan Ilmu (YPI) Malaysia, Majelis Tarjih and Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ikatan Ahli Ekonomi Islam DIY.

Umar Vadillo memberikan solusi untuk mencegah krisis ekonomi global tersebut. Yaitu menerapkan alat tukar yang lebih stabil dikancah internasional, dengan emas dan perak (dinar dan dirham). “emas dan perak ini tidak terpengaruh krisis. Karena nilainya sama dimana- mana. Selain itu, pemerintah tidak bisa membuat emas dan perak dengan sesukan hatinya,” jelas Konsultan Gold Dinar ini.

Umar Vadillo menerangkan, ada dua cara untuk menerapkan system emas dan perak ini. yaitu dengan menjadikan emas dan perak sebagai alat ukur mata uang atau valuta asing. Dan menerapkan jual beli dengan menggunakan dinar dan dirham dalam komunitas kecil terlebih dahulu. “ini memang harus kita mulai dari diri sendiri, dari leingkungan yang terkecil. Seperti kampus UMY ini misalnya atau lebih besar lagi didaerah,” terangnya.

Dalam system moneter suatu negara, terutama untuk menghindari terjadinya krisis. Umar Vadillo menilai keberadaan International Monetary Fund (IMF) bukan solusi untuk negara, terutama negara berkembang. “Indonesia harus berani untuk keluar dari IMF. Karena IMF tidak membantu dalam menangani krisis di negara berkembang, malah memperparah. Selain itu, negara harus lebih melihat jika ingin tekan kerjasama internasional,” jelasnya.

Diretur IPIEF UMY sekaligus Ketua Panitia, Dr. Masyhudi Moqorobin mengatakan, peran emas dan perak ini perlu didalami lagi. Karena perilaku, system dan tatanan moneter yang ada belum dapat menjawab masalah krisis ekonomi global. “dalam seminar yang berlangsung 2 hari ini, kita membahas ide baru untuk memberikan solusi pada permasalahan ekonomi. Terutama masalah system moneter dan fiskal,” jelasnya.

Sedangkan Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto dalam sambutannya mengatakan, yang dipermasalahkan oleh banyak orang jika terjadi krisis ekonomi selalu minyak. Akan tetapi masalah kurs atau valuta ini juga ada pengaruhnya. “ini masalah yang menarik untuk dikaji lebih dalam, karena permasalahan ekonomi global saat ini selalu bicara minyak, minyak dan minyak,” terangnya. -

Ahlul Amalsyah

Journalist

 

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/uang-kertas-penyebab-krisis-ekonomi-global.htm/feed 0
MPU Propinsi Aceh Melakukan Observasi Fajar Shadiq di Pulau Simeulue http://www.eramuslim.com/berita/nasional/mpu-propinsi-aceh-melakukan-observasi-fajar-shadiq-di-pulau-simeulue.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/mpu-propinsi-aceh-melakukan-observasi-fajar-shadiq-di-pulau-simeulue.htm#comments Wed, 12 Mar 2014 06:30:56 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73391

Oleh: Agus Hasan bashori Lc.,M.Ag.

(Mudir Pesantren Tinggi al-Aimmah, Pimred Majalah al-Umm)

Peta Simeulue

 

Alhamdulillah, kegigihan kaum muslimin Kabupaten Simeulue  Propinsi Aceh dalam mengamalkan sunnah Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam untuk melaksanakan shalat subuh berdasarkan terbitnya fajar shadiq telah membuahkan hasil, yaitu para ulama propinsi aceh terpaksa turun untuk ikut membuktikan terbitnya fajar shadiq di pulau Simeulue.

Selama tiga hari berturut-turut, empat delegasi Propinsi Aceh melakukan observasi fajar shadiq bersama tokoh masyarakat Simeulue , rombongan diikuti oleh Ustadz  Muhsin, Ustadz Usman Kaswan –namun kali ini ustadz Usman tidak dapat hadir.

Tepat pada hari Kamis 6 maret 2014, Pukul 6: 16 pagi kami ditelpon oleh Ustadz  Muhsin, bahwa beliau menceritakan baru saja selesai  menunaikan ibadah shalat subuh –ikut 15 derajat-  atau pukul 5:47 (Waktu Aceh) di pantai bersama empat  delegasi lainnya dari Aceh. Beliau menambahkan bahwa pada pukul 5:30 di bawah planet Venus terlihat cahaya terang ke atas. Beliau bertanya kepada saya: apakah itu fajar kadzib? Saya jawab iya. Tandanya fajar kadzib adalah cahaya yang menjulang ke atas, dan jika sudah membentang di ufuk barulah disebut fajar shadiq.

fajar kadzib
Fajar Kadzib

Lalu saya diperkenalkan dengan salah seorang diantara mereka yang bernama  Bapak firdaus , lalu telepon diberikan kepada Bapak Firdaus dan mulai berbicara dengan saya. Setelah berkenalan, saya tanyakan : bagaimana Bapak Firdaus? Beliau menjelaskan yang intinya: tadi cuaca agak Kabut, berawan, untuk membedakan antara dua fajar kurang pas, perlu lanjutan. “ lalu beliau meminta no kontak saya untuk diskusi” lalu pembicaraan lewat telepon kita tutup.

 

Keindahan Simeulue

tuhoe-7-geulanggang-rayek-simeulue

simeulue_aceh

Keesokkan harinya  saya telepon Bapak Usman Kaswan, beliau membenarkan bahwa empat delegasi dari Propinsi datang untuk melihat fajar Shadiq, dan menurutnya: mereka akan melakukan sampai tiga kali dan juga akan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Alhamdulillah kedatangan kami di Pulau simeulue, dan ceramah kami di masjid Taqwa Sinabang pada bulan januari 2011 yang lalu tidaklah sia-sia.

Semoga Allah ‘azza wajalla terus memberikan pertolongannya kepada hamba-Nya yang memperjuangkan agama-Nya. Aamiin. (binamasyarakat)

 

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/mpu-propinsi-aceh-melakukan-observasi-fajar-shadiq-di-pulau-simeulue.htm/feed 0
Perhatian ! , RSUD ini Siap Tampung Caleg Stress Paska Pemilu http://www.eramuslim.com/berita/nasional/perhatian-rsud-ini-siap-tampung-caleg-stress-paska-pemilu.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/perhatian-rsud-ini-siap-tampung-caleg-stress-paska-pemilu.htm#comments Wed, 12 Mar 2014 06:02:07 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73384

calegRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH Kota Sukabumi telah menyiapkan ruangan untuk menampung para calon anggota legislatif (caleg) yang stres. Namun, rumah sakit tersebut tidak menambah daya tampung ruangan.

“Setelah pemilu nanti dikhawatirkan ada para caleg yang stres,’’ ujar Direktur Utama (Dirut) RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Suherman, Rabu (12/3).

Pasalnya, mereka sudah habis-habisan mengeluarkan kemampuan, tapi akhirnya tidak terpilih. Hal ini, kata Suherman, bisa memicu kondisi kejiwaan para caleg. Misalnya, akan terjadi tekanan pada para caleg sehingga menimbulkan penyakit stres, depresi, dan psikotik.

RSUD Syamsudin, kata Suherman, sudah mempersiapkan ruangan, para medis, dan dokter spesialis untuk mengantasipasi adanya caleg yang mengalami stres. Ruangan yang disiapkan adalah ruang Kemuning yang sebelumnya memang sudah ada.

Dokter Spesialis Kejiwaan RSUD R Syamsudin, Tommy Hermansyah, menambahkan, para caleg yang gagal terpilih sebagai wakil rakyat memang rawan menderita gangguan kejiwaaan. Rumah sakit pun sudah mengantisipasinya dan siap menghadapi kemungkinan tersebut. (RoL/Kh)

 

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/perhatian-rsud-ini-siap-tampung-caleg-stress-paska-pemilu.htm/feed 0
Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, Komedi Senior ini Meninggalkan Dunia Selama-Lamanya http://www.eramuslim.com/berita/nasional/inna-lillahi-wa-inna-ilaihi-rojiun-komedi-senior-ini-meninggalkan-dunia-selama-lamanya.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/inna-lillahi-wa-inna-ilaihi-rojiun-komedi-senior-ini-meninggalkan-dunia-selama-lamanya.htm#comments Thu, 06 Mar 2014 07:27:10 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73113 jojonInna Lillahi wa Inna Ilaihi Rojiun , Komedi senior  Jojon telah meninggal dunia pagi ini. Pria dengan nama asli Djuhri Masdjan itu menghembuskan napas terakhirnya pada usia 66 tahun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun , Jojon dikabarkan akan disemayamkan di rumah duka di Sentul, Bogor, Jawa Barat dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebon Pedes, Bogor, siang ini.

Jojon lahir di Jakarta, pada 5 Juni 1947. Ia mulai dikenal pada 1970-an sebagai pelawak setelah bergabung dengan grup lawak Jayakarta Grup, bersama Cahyono, U’uk, dan Johnny. Kini  tiga dari keempat pelawak tersebut telah meninggalkan dunia ini .

Jojon selama ini dikenal dengan kumis di tengah mirip Charlie Chaplin dan selalu memakai celana yang tinggi di atas pinggang dengan bretel khasnya. (L6/KH)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/inna-lillahi-wa-inna-ilaihi-rojiun-komedi-senior-ini-meninggalkan-dunia-selama-lamanya.htm/feed 0
Banyak Caleg Gila (bila Gagal Terpilih) dan Pemilu 2014 http://www.eramuslim.com/berita/nasional/banyak-caleg-gila-bila-gagal-terpilih-dan-pemilu-2014.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/banyak-caleg-gila-bila-gagal-terpilih-dan-pemilu-2014.htm#comments Thu, 06 Mar 2014 01:39:26 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73094 calegOleh : Abdus Salam

(Ketua Lajnah Siyasiyah HTI DPD Sulawesi Selatan)

Pemilu 2014 kurang 36 hari jika benar-benar diselenggarakan sesuai jadwal 09 April 2014. Harapan semua pihak terutama yang berkepentingan sukses penyelenggaraannya, bisa berjalan lancar dengan tingkat partisipasi politik pemilih yang tinggi. Secara faktual, pemilu 2014 dibayang-bayangi oleh kekhawatiran tingginya tingkat prosentase golput, legitimasi keabsahannya, dan ketidak siapan prosesi penyelenggaraannya. Kekhawatiran tingginya tingkat prosentase golput diindikasikan oleh statement keras KPU bahwa Golput dipidana. Meski terkesan agak berlebihan menginterpretasikan UU Pemilu tentang golput. Indikasi lain adalah fatwa MUI tentang golput haram. Sementara itu banyak pengamat memprediksikan kecenderungan golput meningkat jika dibandingkan tahun 2009. Diperkirakan pada kisaran lebih dari 30 persen jumlahnya. Sebagaimana yang disampaikan oleh Peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI  R. Siti Zuhro, Rabu (5/2/2014) di Media Center DPN PKPI, Jakarta. Dan menurut Zuhro, faktor dominan penyebab golput adalah karena apatis dan tidak percaya lagi publik terhadap politik. Golongan golput ini besar terutama di kota-kota besar propinsi. Terutama pada kelompok menengah ke atas.

Legitimasi keabsahan pemilu 2014 juga membayangi penyelenggaraannya. Saat MK mengabulkan permohonan judicial review baik oleh kelompok Koalisi Masyarakat Sipil yang dikomandani oleh Efendy Ghozali maupun oleh Yusril Ihza Mahendra. Dimana MK memutuskan bahwa Pemilu (Pileg dan Pilpres) Serentak yang menjadi substansi uji materiil (judicial review) berlaku pada pemilu 2019.  Artinya bahwa pemilu 2014 dipertanyakan keabsahannya. Tak pelak beberapa tokoh partai menyampaikan ungkapan kegelisahan tentang hal itu. Diantaranya Sutiyoso (PKPI), menyebut “Saya khawatir pelaksanaan pemilu 2014 yang mengeluarkan biaya dan tenaga cukup banyak, hasilnya bisa digugat, dan MK kalah bila mengacu pada undang-undang keputusan MK yang seharusnya bersifat langsung,” ujarnya. Hal senada juga disampaikan oleh Yusril Ihza Mahendra, “Jika Pemilu 2014 mendatang tetap menggunakan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden, maka hasil pemilu itu inkonstitusional.

Tentang ketidaksiapan prosesi penyelenggaraannya adalah berkaitan dengan potensi kecurangan yang disebabkan oleh pengelolaan DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang masih belum tuntas dan cuaca di bulan-bulan April yang menjadi tantangan tersendiri bagaimana proses distribusi perangkat-perangkat pencoblosan suara dilakukan. Apalagi belum juga seminggu gugatan Class Action No. 44/Pdt.G/2014/PN.JKT.PST tertanggal 6 Pebruari 2014 ajuan Advokat Taufik Budiman SH berada di Lembaga Peradilan yang dibawahi Lembaga Tinggi Negara yang bernama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Lembaga Negara bernama Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Pebruari 2014 menyatakan bahwa “Tahapan Siap, Pemilu Tetap 9 April”. Ini terkesan KPU terburu-buru.

Di antara bayang-bayang persoalan seputar Pemilu 2014, ada sisi lain yang menarik adalah statement : “Bahwa sistem Pemilu yang berlaku saat ini memang memungkinkan calon anggota legislatif yang gagal terpilih, menjadi gila. “(Karena) sistemnya ini terlalu membuka lebar pintu bagi orang untuk bereksperimen perilaku,” ujar Prof Dr Hamdi Muluk dari UI, Sabtu (15/2). Fenomena Caleg Gila dipicu oleh sistem pemilu proporsional terbuka dan banyak partai. Sistem itu memicu kompetisi caleg antar partai dan intern partai. Di tengah banyak parpol yang memalak calegnya. Atas nama seleksi kemampuan. Dan banyak caleg berspekulasi mencari peruntungan melalui pemilu.  Saat gagal, maka akan muncul kecenderungan banyak Caleg Gila. Karena mereka harus mengembalikan uang yang dikeluarkan untuk kampanye. Atau pura-pura menjadi gila karena ditagih hutang.

Akhirnya keinginan tinggi suksesnya Pemilu 2014, harusnya bukan sekedar ditopang oleh semangat yang besar saja. Namun disertai juga upaya serius mengidentifikasi akar persoalan mendasar yang membayangi Pemilu. Yang mengakibatkan rendahnya partisipasi politik pemilih karena apatis. Unlegitimasi legal of frame pemilu buah dari tarik ulur pembahasan substansi UU pemilu yang sarat dengan conflict of interest. Kisruh DPT sampai dengan persaingan tidak sehat antar caleg implikasi dari kultur politik kekuasaan. Kita bisa memahami kemudian bahwa persoalan seputar pemilu 2014 adalah persoalan sistemik. Sebagaimana sistemiknya persoalan lain yang muncul. Penyelesaian persoalannya harus dengan solusi yang sistemik, komprehensif dan integral. Penting direnungkan untuk berani berpikir merubah referensi ideologi negara yang kapitalis liberalis dengan sistem politik Demokrasi ini. Yang melahirkan kultur politik bargaining of power. Dengan referensi ideologi negara yang berakar pada keyakinan mayoritas bangsa ini. Yang terbukti secara historis, empiris dan konseptual membawa kerahmatan bagi seluruh manusia. Yakni ideologi Islam kaffah dalam bingkai sistem politik -Khilafah Islamiyah-Akan Banyak

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/banyak-caleg-gila-bila-gagal-terpilih-dan-pemilu-2014.htm/feed 0