Eramuslim » Berita Nasional http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Fri, 20 Mar 2015 01:30:18 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ Nama Muhammad adalah Terpopuler di Inggris dan Norwegia, Tapi Dicekal diAutogate Bandara Soetta http://www.eramuslim.com/berita/nasional/populer-di-inggris-dan-norwegia-nama-malah-muhammad-dicekal-autogate-bandara-soetta.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/populer-di-inggris-dan-norwegia-nama-malah-muhammad-dicekal-autogate-bandara-soetta.htm#comments Thu, 19 Mar 2015 09:43:54 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99253 150741_autogateimigrasiyoutubeddBeberapa waktu lalu tersiar kabar jika Nama “Muhammad dan variannya seperti “Mohammed” menjadi nama paling populer yang diberikan kepada bayi-bayi yang baru lahir di Inggris. Kini, nama Muhammad kembali menjadi nama populer di Oslo, Norwegia, Demikian laporan Biro Statistik Norwegia (SSB).

“Ini sangat menarik,” kata Jorgen Ouren, Juru Bicara SSB, seperti dilansir The Local, Ahad (31/8).
Dari hasil survei diketahui, 4.801 anak laki-laki Norwegia memilih nama Muhammad atau variasi nama Muhammad seperti Mohammed. Disusul Jan (4.667) dan Per (4.155). Laporan ini sekaligus untuk kali pertama menempatkan nama Muhammad diurutan teratas nama bayi terfavorit di negeri Skandinavia tersebut.
Populasi Muslim Norwegia diperkirakan mencapai 150.000 dari 4,5 juta penduduk negara itu. Sebagian besar dari mereka merupakan imigran asal Pakistan, Somalia, Irak dan Maroko.

Ironisnya, nama Muhammad sendiri terkena cekal di sistem autogate Bandar Udara Soekarno Hatta, Cengkareng. Petugas imigrasi sebelumnya mengatakan jika nama Muhammad dan Ali memang tidak bisa mendaftar di sistem autogate dan harus melewati pemeriksaan manual yang lebih ketat, namun hal ini disanggah oleh petugas lainnya dengan alasan yang macam-macam. (rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/populer-di-inggris-dan-norwegia-nama-malah-muhammad-dicekal-autogate-bandara-soetta.htm/feed 0
Autogate Bandara Cengkareng Hina Nabi Muhammad SAW http://www.eramuslim.com/berita/nasional/autogate-bandara-cengkareng-hina-nabi-muhammad-saw.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/autogate-bandara-cengkareng-hina-nabi-muhammad-saw.htm#comments Thu, 19 Mar 2015 01:00:10 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99187 thumb_Imigrasi_Autogate_Bandara_SoettaEramuslim.com – Muhammad Edo gundah gulana. Bagaimana tidak, di negeri mayoritas penduduknya Muslim, nama Muhammad yang disandangnya ternyata berimbas pada perlakuan di imigrasi yang diskriminatif. Gara-gara nama Muhammad itu, dia tak bisa daftar autogate di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Edo menuturkan kejadian yang dialaminya itu terjadi pada pekan lalu. Saat itu dia hendak pergi ke Sydney, Australia. Saat akan masuk pintu Imigrasi, dia mencoba untuk mendaftar autogate yang terletak di samping kanan. Dia pun bertanya kepada petugas Imigrasi yang berjaga di sana. Mengutip pemberitaan detik.com, petugas Imigrasi itu pun mengecek paspor Edo.

“Kata petugas Imigrasi itu, kalau ada nama Muhammad atau Ali tidak bisa,” terang Edo menceritakan pengalamannya, Rabu (18/3/2015). Jika demikian, berarti siapa pun orang yang punya nama Muhammad dan Ali harus melewati pintu dengan pemeriksaan manual yang dilakukan petugas imigrasi dengan lebih ketat, dalam istilah lain, nama Muhammad dan Ali dianggap harus lebih ketat diperiksa karena dianggap cenderung teroris.

Edo terkejut dengan keterangan petugas Imigrasi itu. “Ini Indonesia loh, di Australia saja tidak apa-apa nama Muhammad masuk autogate,” urai karyawan yang bekerja di bilangan di SCBD itu. Akhirnya Edo kemudian memilih masuk pintu Imigrasi dengan cara manual, dengan cara ikut antre. Padahal, kata dia, kalau lewat autogate tentu akan bisa lebih cepat. “Saya tidak mau berdebat dengan petugas, nanti malah nggak bisa ke luar negeri. Saya terima saja,” kata Edo.

Umat Islam seharusnya mengecam dan menuntut agar sistem Autogate yang rasis ini dan menghina Nabi Muhammad saw dicabut saja. (rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/autogate-bandara-cengkareng-hina-nabi-muhammad-saw.htm/feed 0
Sadis! BULOG Baru Akan Beli Gabah Dari Petani Jika Harga Sudah Turun http://www.eramuslim.com/berita/nasional/sadis-bulog-baru-akan-beli-gabah-dari-petani-jika-harga-sudah-turun.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/sadis-bulog-baru-akan-beli-gabah-dari-petani-jika-harga-sudah-turun.htm#comments Wed, 18 Mar 2015 01:00:35 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99121 img_0634aEramuslim.com – Fungsi utama pemerintah adalah melayani rakyatnya, mensejahterakan rakyatnya, dan fungsi inilah yang disandang pajak egara yang ditarik secara paksa oleh pemerintah dari rakyatnya. Namun rezim Jokowi benar-benar sadis terhadap Petani, di tengah kenaikan harga beras yang sama sekali tidak membuat petani meraup untung, kelangkaan pupuk dan tingginya harga pupuk dan bibit, malah istitusi pemerintah BULOG, tidak bersegera menolong petani. Padahal baru saja BULOG diberi Penyertaan Modal  Negara yang sumbernya dari uang rakyat. Petani merugi sangat besar karena ongkos produksinya tinggi.

Saat ini di sentra produksi padi di beberapa Kecamatan di Bojonegoro sedang panen raya, sehingga harga gabah anjlok. “Sebelumnya, harga gabah hasil panen bisa dijual dengan harga Rp 4.300 hingga Rp 4.500 per kilogram. Namun sejak seminggu ini harga gabah terjun bebas hingga menjadi Rp 3.500 sampai 3.200 per kg,” kata Parman, petani asal asal Kec. Kota Bojonegoro, Minggu (15/3).

DI NTB harga gabah petani telah jatuh hingga harga Rp 350 per kilogram. Kondisi ini menyebabkan petani tidak dapat menutupi ongkos produksi mereka.

Sementara BULOG yang seharusnya menolong petani dari kejatuhan harga, malah mencari untung ditengah kesulitan petani dan konsumen. “Ini jelas biadab dan tidak beroperi kemanusiaan. Tindakan BULOG ini melanggar Pancasila dan UUD 1945,” tegas pengamat dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng

“Percuma dong Jokowi blusukan ke petani, kalau toh ahirnya Jokowi koalisi dengan tengkulak, dan petani dianiaya, dihisab, dan ditindas dengan prilku bulog semacam ini,” tambah Salamuddin Daeng.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/sadis-bulog-baru-akan-beli-gabah-dari-petani-jika-harga-sudah-turun.htm/feed 0
Jangankan Rakyat, Puan Saja Masih Bingung Dengan Kementeriannya Sendiri http://www.eramuslim.com/berita/nasional/jangankan-rakyat-menteri-puan-saja-masih-bingung-dengan-kementeriannya-sendiri.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/jangankan-rakyat-menteri-puan-saja-masih-bingung-dengan-kementeriannya-sendiri.htm#comments Wed, 18 Mar 2015 00:30:11 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99117 12puan maharani-2-okeEramuslim.com – Kementerian Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan, istilah ini sejak dicetuskan mengandung ribuan pertanyaan dari khalayak apa saja yang akan dikerjakan, mengingat nama kementerian ini sangat abstrak dan amat terkesan mengada-ada demi bagi-bagi kue kekuasaan.

Sudah hampir setengah tahun usia kekuasaan rezim Jokowi, namun para menteri masih kebingungan membuat program revolusi mental seperti yang dicanangkan presiden. Salah satunya Kementerian yang dikomandani Puan Maharani, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Menurut pengakuan Sekretaris Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Sugihartatmo, menyatakan kementeriannya masih kesulitan merealisasi program “Revolusi Mental”. Kementerian masih merumuskan bentuk kegiatan yang pas untuk mewujudkan kebijakan tersebut. Menurutnya, pihaknya perlu hati-hati menyusun strategi yang bisa disepakati semua pihak.

Namun anehnya, Puan Maharani sudah mengalokasikan anggaran Rp 149 miliar untuk program revolusi mental di kementeriannya. Anggaran tersebut diminta Puan sebagai penambahan pada APBN-P 2015, sehingga dari semula sebesar Rp 153,3 miliar menjadi Rp 303,3 miliar.

“Program komunikasi publik ini akan dilakukan kementerian teknis Kemenkominfo, alokasi yang diharapkan Rp 130 miliar. Sehingga kami mengusulkan sebanyak Rp 149 miliar tersebut dalam APBN-P,” ucap Puan beberapa waktu lalu.

Lebih jauh menurut Sugihartatmo, kementeriannya belum menetapkan fokus program. Alasannya, masih ada pertentangan pendapat tentang nilai-nilai dasar yang bakal menjadi bahan kampanye utama.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/jangankan-rakyat-menteri-puan-saja-masih-bingung-dengan-kementeriannya-sendiri.htm/feed 0
Rupiah Terus Terpuruk, Jokowi Siap-Siap Tumbang http://www.eramuslim.com/berita/nasional/rupiah-terus-terpuruk-jokowi-siap-siap-tumbang.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/rupiah-terus-terpuruk-jokowi-siap-siap-tumbang.htm#comments Tue, 17 Mar 2015 23:30:23 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99114 small_75Ichsanuddin Noorsy (indra)Eramuslim.com – Melemahnya nilai tukar rupiah dikhawatirkan banyak kalangan akan mengulang  krisis tahun 1998. Pengamat eko­no­mi-politik Ichsa­nud­din Noorsy menilai ada lima hal untuk menilai apakah kondisi ini sama dengan tahun 1998. Per­ta­ma, kondisi politik. Pada 1998 kondisi politik memburuk dan menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. Namun kondisi 2008, 2011 dan 2015 tidak demikian.

“Kondisi politik 2015 memburuk dicermin­kan dengan adanya konflik koalisi, adu domba parpol, konflik KPK vs Polri, dan konflik horizontal Pemda DKI dengan DPRD DKI,” terangnya.

Selain itu, kata Ichsanuddin, faktor kedua adalah cadangan devisa yang cukup walau secara sistemik struktural pereko­nomian didominasi asing. Ketiga, industri ke­uangan yang relatif sehat walau jumlah utang luar negeri 292 miliar dolar AS didominasi oleh pinjaman swasta sebesar 162 miliar dolar AS, dan bermata uang do­lar AS sebanyak 208 miliar dolar AS. Utang jangka waktu pendek sekitar 48 miliar dolar AS.

Keempat, kinerja perbankan yang sehat. Kelima, ke­bijakan fiskal yang me­masok pasar walau diikuti dengan kebijakan utang yang nyaris konyol. “Aspek-aspek itulah yang menunjukkan kondisi seka­rang tidak sama de­ngan 1997/1998. Kondisi seka­rang akan memburuk jika kabinet tidak men-deliver janjinya ke negara adidaya,” pungkasnya.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/rupiah-terus-terpuruk-jokowi-siap-siap-tumbang.htm/feed 0
Menteri Pertanian Pasang Badan Bela Kebohongan Jokowi http://www.eramuslim.com/berita/nasional/menteri-pertanian-pasang-badan-bela-kebohongan-jokowi.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/menteri-pertanian-pasang-badan-bela-kebohongan-jokowi.htm#comments Tue, 17 Mar 2015 23:00:38 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99111 140446_traktorEramuslim.com -Setelah berita Presiden Jokowi membohongi petani Ponorogo yang kaget traktornya ditarik kembali. Kini, pemerintah meluruskan berita tersebut. “Itu ditarik, karena traktor didistribusi untuk seluruh Jatim, Ngawi juga. Ditarik sebagian memang, itu akan dikirim ke seluruh Jatim, bukan untuk Ponorogo saja,” jelas  Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di Jakarta, Selasa (17/3).

Pada 6 Maret 2015 lalu, Jokowi datang ke Ponorogo, Jawa Timur untuk melakukan panen padi di Desa Jetis dan membagikan traktor gratis ke para petani. Ada 3.000 traktor yang datang ke Ponorogo, namun 3.000 traktor bukan hanya untuk Ponorogo saja. Bahkan, Jokowi pakai acara terjun ke sawah tanpa alas kaki.

Namun usai kunjungan, traktor diangkut dengan truk lagi. Petani kecewa karena mengira alat pertanian tersebut bisa langsung dimiliki. Mentan mengatakan, 3.000 traktor didatangkan ke Ponorogo karena Presiden Jokowi ingin melihat fisiknya langsung. “Kedatangan Presiden kemarin ingin melihat langsung fisiknya. Oleh karena itu kita datangkan di satu titik, di Ponorogo. Kemudian dikumpulkan lagi untuk dibagikan ke seluruh Jawa Timur,” jelas Amran yang mengaku traktor-traktor tersebut memang sengaja diperlihatkan. Tujuannya agar masyarakat bisa melihat fisiknya langsung traktor tersebut.

Sebelumnya, Fastnews memberitakan, tiga hari ini, dunia daring diramaikan dengan Presiden Jokowi yang membohongi petani Ponorogo, netizen pun heboh. Bermula dari posting Djoko Yuwono dengan isi: “Deretan Traktor itu hanya Pameran, Sinuhun yg buka pameran dgn segala atraksinya. Terus? Ya sesudah pameran, segala alat diangkuti lagi, beberapa tronton ngangkut traktor2 itu. Dus, itu tidak dibagikan. Infonya, untuk acara di lain daerah nanti. Tapi, ada yg ngaku ikut bongkar muat, itu dibawa lagi ke Kubota. Tidak dibagikan.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/menteri-pertanian-pasang-badan-bela-kebohongan-jokowi.htm/feed 0
Mahasiswa: 20 Mei Jokowi Harus Mundur! http://www.eramuslim.com/berita/nasional/mahasiswa-20-mei-jokowi-harus-mundur.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/mahasiswa-20-mei-jokowi-harus-mundur.htm#comments Tue, 17 Mar 2015 00:30:40 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99054 aksi-demonstrasi-menolak-kenaikan-bahan-bakar-minyak-bbm-ilustrasi-_120327144955-350Eramuslim.com – Ratusan Aliansi Mahasiswa Cinta Indonesia menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Senin (16/3). Dalam aksinya mahasiswa memberi ultimatum kepada Presiden Jokowi untuk membereskan segala permasalahan yang sedang menghimpit bangsa Indonesia.

“Kami sangat mencintai Indonesia. Apabila sampai 20 Mei 2015 Pemerintah tidak melakukan perbaikan secara signifikan, maka mahasiswa dan rakyat memohon dengan hormat agar Bapak Jokowi mundur dari kursi Presiden RI,” ujar Koordinator aksi, Achmad Faqihuddinn, Senin (16/3).
Dalam aksinya, puluhan mahasiswa tersebut mengkritisi pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dinilai dzolim kepada rakyat. Karena dalam waktu belum satu tahun, Jokowi telah mengubah segalanya. Berbagai kebijakan pemerintahan Presiden ke-7 Indonesia tersebut membuat rakyat menjerit. Mulai dari menaikan harga BBM yang dibarengi dengan kenaikan harga sembako, harga elpiji yang melambung dan sekarang diperparah dengan nilai tukar rupiah yang merosot. “Kondisi ini semakin membuat masyarakat susah,” katanya.

Achmad mengatakan, pihaknya memberikan beberapa tuntutan kepada Jokowi. Di antaranya, mendesak pemerintahan Jokowi untuk menurunkan harga-harga, mendukung agenda reformasi berupa pemberantasan korupsi, menegakkan kedaulatan hukum dan mewujudkan stabilitas nasional.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/mahasiswa-20-mei-jokowi-harus-mundur.htm/feed 0
Cara Jokowi Bohongi Petani Ponorogo, Bagikan Traktor Ditarik Lagi http://www.eramuslim.com/berita/nasional/cara-jokowi-bohongi-petani-ponorogo-bagikan-traktor-ditarik-lagi.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/cara-jokowi-bohongi-petani-ponorogo-bagikan-traktor-ditarik-lagi.htm#comments Mon, 16 Mar 2015 22:40:46 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99044 JOkowi1Eramuslim.com – Tiga hari ini, dunia media sosial diramaikan dengan kisah Presiden Jokowi yang membohongi petani Ponorogo, netizen pun heboh. Bermula dari posting Djoko Yuwono dengan isi: Seorang kawan asal Ponorogo berkirim info ke inboks: “Pakdhe, iki crita rame nen Grup FB di Ponorogo. Sinuhun Jkw 6 Maret lalu ke kampungku Ponorogo, jare nyerahkan 1016 traktor. Alat kuwi wis ditata thirik. Sinuhun rawuh, nyemplung sawah barang. Lha, di grup FB di kampungku itu, sanjungan luar biasa muncul. Crita nyemplung sawah, hari itu foto Jkw banyak beredar, dgn segala kekaguman pd Sinuhun.

Tapi, sehari setelah peristiwa, postingan dan komen dari kelompok lain muncul. Nada kekecewaan. Apa gerangan penyebabnya? Jare, neng postingan: Deretan Traktor itu hanya Pameran, Sinuhun yg buka pameran dgn segala atraksinya. Terus? Ya sesudah pameran, segala alat diangkuti lagi, beberapa tronton ngangkut traktor2 itu. Dus, itu tidak dibagikan. Infonya, untuk acara di lain daerah nanti. Tapi, ada yg ngaku ikut bongkar muat, itu dibawa lagi ke Kubota. Tidak dibagikan.

Biyuh, keprimen iki. Di grup FB iku, nganti saiki isih rame. Enek sing ngakon: coba wartawan cari kejelasan. Biyuh, wartawan dikon takon2 maneh. Lha waktu Sinuhun teka, gak gelem menehi penjelasan, luwih seneng nyeker nyemplung sawah.

Kemudian berlanjut hingga hari ini, setelah sebelumnya Forum Hijau Indonesia angkat bicara. Melalui akun media sosial Facebook, kemarin, Ahad, 15 Maret 2015, Forum Hijau Indonesia berbagi kronologi ‘Penipuan’ tersebut. Demikian kisah selengkapnya.

Forum Hijau Indonesia – Pagi itu hari Jum’at, tanggal 06 Maret 2015 merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar warga Ponorogo, khususnya warga Desa Jetis. Pasalnya pagi itu pemimpin negeri ini direncanakan datang, pagi itu ribuan sudah berkumpul menyambut kedatangan Jokowi.

Tidak sekedar ingin bertemu, tapi di hati mereka ada sebuah pengharapan besar ditengah berbagai masalah yang mencekik mereka, seperti melonjaknya harga berbagai kebutuhan pokok. Harapan yang ditunggu-tunggu para petani Jetis saat itu adalah beberapa peralatan pertanian yang sebelumnya sudah dijanjikan oleh Jokowi. Setidaknya bantuan alat pertanian tersebut bisa meringankan beban pekerjaan mereka.

Presiden Jokowi yang berkunjung ke Ponorogo dalam rangka panen raya, saat itu direncanakan akan membagikan ratusan traktor untuk para petani di Ponorogo. Dari pantauan Forum Hijau Indonesia memang benar, hari itu traktor tiba di Ponogoro. Sebagian besar traktor itu dipajang di pinggir jalan raya Kecamatan Jetis menuju Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Ini adalah lokasi panen raya yang saat itu dihadiri Jokowi.

Ratusan traktor tersebut tampak diangkut sejumlah truk. Ada sejumlah komponen yang dilepas. Selanjutnya, traktor dirakit di lokasi oleh mekaniknya. Ratusan traktor tersebut rencananya akan dibagikan ke ratusan kelompok tani di Kabupaten Ponorogo. “Informasinya ada 250 unit traktor yang akan dibagikan,” kata Serma Sigut N, salah satu petugas saat mendampingi protokoler keprisedenan.

Selain membagikan traktor, Jokowi juga akan membagikan mesin pompa air 250 unit dan mesin tanam 70 unit. Sambil menunggu rakitan selesai, peralatan itu terus memenuhi jalan kecamatan. Sepanjang jalan itu dijejer traktor dan peralatan pertanian.

Anehnya Alat-alat tersebut akan di tarik kembali setelah kunjungan tersebut usai. “Sudah dikasih diambil kembali’, ujar masyarakat setempat.

Setelah kunjungan Jokowi di Ponorogo, berbagai media massa mainstream nasional memberitakan bahwa Jokowi telah membagikan bantuan traktor sebanyak 1016 unit.

Namun dari pantauan langsung Forum Hijau Indonesia di lokasi panen raya dan berdasarkan saksi mata narasumber, jumlah traktornya tidak sebanyak itu, bahkan traktor yang sebelumnya dipajang akhirnya diangkut kembali.

Namun sore ini, saat Forum Hijau Indonesia hendak mencari berita terkait pembagian 1016 traktor, tautan berita berbagai media massa online tersebut sudah sulit ditemukan.

Sore ini kami juga mendapatkan informasi dari narasumber lain yang mengungkapkan jika pembagian traktor tersebut sebuah kebohongan.

”Deretan traktor itu hanya pameran, Sinuhun (Jokowi;red) yang buka pameran dengan segala atraksinya. Terus? Ya sesudah pameran, segala alat diangkuti lagi, beberapa tronton ngangkut traktor-traktor itu. Kardus, itu tidak dibagikan. Infonya, untuk acara di lain daerah. Tapi, ada yang ngaku ikut bongkar muat, traktor dibawa lagi ke Kubota, tidak dibagikan”, ujar salah satu warga Jetis kepada ForumHijau Indonesia, sore ini, 15 Maret 2015.(rz/FN)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/cara-jokowi-bohongi-petani-ponorogo-bagikan-traktor-ditarik-lagi.htm/feed 0
Ucapan “Jakarta Gak Butuh APBD”, Ahok Kena Batunya http://www.eramuslim.com/berita/nasional/ucapan-jakarta-gak-butuh-apbd-ahok-kena-batunya.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/ucapan-jakarta-gak-butuh-apbd-ahok-kena-batunya.htm#comments Mon, 16 Mar 2015 08:17:50 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99037 ahok1Eramuslim.com – Jakarta tidak butuh APBD. Demikian pernyataan yang pernah disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pernyataan tersebut akhirnya digunakan DPRD untuk menyelidiki cara Ahok menyelesaikan persoalan pembangunan di ibukota. Sejumlah bantuan yang diterima melalui programcorporate social responsibility (CSR) akan diselidiki.
“Kita mau tanya, CSR yang sudah masuk selama ini berapa,” ujar anggota DPRD dari fraksi PKS, Selamat Nurdin, di Gedung DPRD DKI, Senin (16/3).
Menurut dia, DPRD harus mengetahui detail jumlah bantuan CSR yang telah diterima Pemprov DKI. Selain itu, harus diketahui apa yang diterima perusahaan tersebut sebagai kompensasi.
“Apa ada kompensasi dari itu enggak? Apa pihak yang memberikan mendapat kemudahan? Biasanya kan ada take and give,” tegas Nurdin.
Ditegaskan, seluruh dana CSR yang masuk ke Pemprov DKI harus tercatat dalam neraca daerah. Selama ini bantuan CSR tidak dilaporkan secara detail. “Masuk neraca daerah atau tidak. Ada laporannya atau tidak. CSR itu kan harus tercatat di neraca daerah,” katanya.
Sebagaimana diketahui, kisruh APBD DKI 2015 masih berlangsung. Untuk kedua kalinya Kemendagri mengembalikan RAPBD yang disusun oleh Pemprov DKI. Ahok mengaku tidak akan pernah menyerahkan RAPBD hasil pembahasan sidang paripurna ke Mendagri. Ia mengklaim RAPBD yang ia susun menggunakan e-budgeting sudah paling benar. Bila ditolak, bagi Ahok bukan masalah penting.
“Orang Jakarta enggak butuh APBD kok. Lu percaya sama saya. Orang Jakarta yang penting (kita) urusin sampah, transportasi, terus enggak banjir. Sudah itu saja,” tegas Ahok. (rz/rmol)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/ucapan-jakarta-gak-butuh-apbd-ahok-kena-batunya.htm/feed 0
Eks Penasehat KPK: Koruptor Harusnya Dihukum Mati, Bukan Dikasih Remisi http://www.eramuslim.com/berita/nasional/eks-penasehat-kpk-koruptor-harusnya-dihukum-mati-bukan-dikasih-remisi.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/eks-penasehat-kpk-koruptor-harusnya-dihukum-mati-bukan-dikasih-remisi.htm#comments Sun, 15 Mar 2015 23:00:56 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=98961 20110805_075841_abdullahhehamahuasusanto2Eramuslim.com – Tak ada habisnya kekonyolan yang ditampilkan rezim Jokowi. Teranyar, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yasonna Laoly berencana memberikan remisi atau keringanan hukuman pada narapidana (napi) korupsi, narkoba dan teroris. Langkah ini dinilai mundur dari upaya pemberantasan korupsi jaman Presiden SBY.

“Pak SBY dulu sudah diperketat (remisi koruptor) tapi sekarang malah diperlonggar. Seharusnya Pak Jokowi bersuara lebih keras,” kata dosen hukum tindak pidana pencucian uang Trisakti Yenti Ganarsih di Bincang Senator di kafe Brewerkz, Senayan City, Jakarta Pusat,(15/3).

Menurutnya, wacana pemberian remisi itu akan menjadi preseden buruk untuk Presiden Jokowi. Ia akan dinilai melanggar janji kampanyenya untuk memberantas korupsi.

Mantan Penasihat KPK Abdullah Hehamahua mengatakan remisi tak perlu diberikan pada terpidana narkoba. Jika alasannya karena hak asasi manusia, menurutnya harusnya saat akan korupsi, pejabat tersebut harusnya memikirkan HAM orang lain.

“Karena kejahatan luar biasa. Organisasi juga luar biasa. Maka perlu amandemen KUHP. Ini tidak melanggar HAM. Ketika mencuri uang rakyat, dia tidak memperhatikan HAM rakyat,”‎ kata Abdullah.

Abdullah bahkan mengatakan seharusnya koruptor dihukum mati agar memberi efek jera bagi pejabat lainnya. “Kalau di Islam, orang yang mencuri dihukum potong tangan. Karena itu saya usulkan hukuman mati harus diberlakulkan bagi para koruptor,” ucapnya.

Persoalan remisi untuk koruptor ini mendapat kritik dari penggiat korupsi. Rencana pemberian remisi ini dinilai sebagai langkah pelemahan KPK pasca kasus Cicak vs Buaya jilid 4.(rz/FN)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/eks-penasehat-kpk-koruptor-harusnya-dihukum-mati-bukan-dikasih-remisi.htm/feed 0